Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat dengan "Mirrorless" Murah Yi M1

Kompas.com - 26/09/2016, 20:08 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

COLOGNE, KOMPAS.com - Kemunculan kamera mirrorless micro four third (MFT) Yi M1 mengejutkan banyak orang. Kamera tersebut memiliki lekuk bodi yang mewah namun dibanderol dengan harga yang murah dibanding kamera sekelasnya.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Kotak kemasan penjualan Xiaomi YI M-1 dengan dua pilihan lensa
Secara desain, bodi Yi M1 terlihat mirip dengan Leica T. Tapi soal harga, keduanya terpaut jauh. Kamera mirrorless buatan Yi ini bisa ditebus dengan harga sangat murah, yaitu 499 dollar AS atau sekitar Rp 6,4 juta untuk paket bodi dan lensa zoom kit 12-40 mm F3.5-5.6.

Paket lainnya, pengguna bisa menebus bodi dan lensa prime 42,5 mm F1.8 dengan harga 599 dollar AS atau sekitar Rp 7,7 juta.

KompasTekno sempat menjajal kamera buatan Yi itu saat menghadiri ajang Photokina 2016, di Koelnmesse, Cologne, Jerman. Berikut ini ulasan singkat kami mengenai Yi M1.

Sebagai kamera untuk segmen pemula, Yi M1 ini terlihat mewah, tangguh dan nyaman dalam genggaman. Bobotnya terasa ringan, namun konstruksi dan material yang dipakai tidak ringkih. Pada sisi kanan bodi kamera pun terdapat grip karet sehingga genggaman terasa nyaman dan mantap.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Pada bagian kanan terdapat slot memori SD/SDHC/SDXC, Micro USB dan Micro HDMI

Selain grip karet, pada tepi kanan bodi kamera juga terdapat slot untuk memasukkan memori SD/SDHC/SDXC, port Micro-USB, dan Micro HDMI.

Sedangkan di bagian belakang bodi Yi M1 terdapat layar LCD berukuran 3 inci. Kamera ini merupakan mirrorless dengan sensor MFT, sehingga tidak memiliki viewfinder optik sama sekali. Seluruh navigasi dan pra-tinjau pemotretan dilakukan melalui layar berukuran 3 inci tersebut.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Pada penampang atas bagian kanan terdapat dua tombol dial, untuk pengaturan mode pemotretan dan pengaturan apperture atau shutter speed

Yi M1 benar-benar dirancang memiliki sedikit tombol. Bila menilik bagian penampang atas, tepatnya di sisi kanan, akan terlihat tombol dial pengaturan mode pemotretan, dial pengaturan shutter speed atau apperture, tombol shutter release serta tuas on/off.

Pada bagian tengah dial pengaturan mode pemotretan terdapat sebuah tombol dengan ikon berupa titik merah. Tombol ini merupakan shortcut untuk menyalakan mode perekaman video.

Hanya dua dial fisik tersebut yang menjadi modal navigasi atau pengaturan pada Yi M1 ini. Selain itu, semua hal mesti dilakukan melalui layar sentuh berukuran 3 inci.

Contohnya, bila ingin mengubah apperture Yi M1, maka pengguna mesti menyentuh ikon F pada layar dan memutar dial pengaturan. Begitu juga bila ingin mengubah shutter speed maka harus menyentuh ikon S dan perusahan ISO mesti menyentuh ikon ISO.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com