Kompas.com - 28/09/2016, 08:27 WIB
Potongan video tutorial palsu dari TechRax tentang cara mengebor iPhone 7 untuk menancapkan headphone. TechRax/ YouTubePotongan video tutorial palsu dari TechRax tentang cara mengebor iPhone 7 untuk menancapkan headphone.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Duo ponsel iPhone 7 dan iPhone 7 Plus datang tanpa colokan jack audio 3,5mm sehingga pengguna terpaksa menggunakan earphone wireless atau adapter khusus yang tertancap ke port lightning.

Keadaan itu dimanfaatkan pengguna YouTube bernama TechRax untuk membuat sebuah video tutorial bohongan. Di dalamnya tampak si pembuat video mengebor sisi bawah iPhone 7 untuk membuat lubang “colokan” jack audio.

Baca: Mengapa iPhone 7 Tak Punya Jack Audio dan Tombol “Home”?

Meski tampak dimaksudkan sebagai lelucon, sejumlah pemilik iPhone 7 agaknya tertipu dan benar-benar mengikuti langkah-langkah dalam video tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (28/9/2016).

Akibatnya, ponsel mahal seharga belasan juta rupiah itu pun rusak. (Baca: Berapa Harga iPhone 7 dan 7 Plus?)

“Saya mencoba ini, layarnya jadi rusak dan tak berfungsi… Benar-benar sebuah kesalahan terbesar sepanjang hidup,” komentar seorang pemirsa video yang bersangkutan.

Pengguna lain menanggapi keluhan-keluhan tersebut dengan “saran” palsu bernada sarkas yang tak akan membantu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Anda harus merendamnya di dalam air sabun selama  15 menit untuk membersihkan serpihan-serpihan itu. Kocok ponsel setelah selesai,” tulis salah satu komentator.

Tidak dapat dipastikan apakah memang benar ada pemilik iPhone 7 yang merusak perangkatnya setelah salah mengira video tutorial yang beredar viral itu sebagai tutorial asli. Boleh jadi, pengguna yang menyuarakan keluhan pun hanya bercanda.

Video TechRax sudah mengumpulkan lebih dari 11 juta angka penayangan. Selengkapnya bisa disimak dari tautan ini. Jangan mengikuti anjuran di dalamnya kalau tak mau ponsel rusak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.