YouTube Go, Aplikasi Streaming Video "Hemat Kuota"

Kompas.com - 28/09/2016, 09:16 WIB
YouTube Go, solusi streaming video di daerah dengan internet yang lambat YouTubeYouTube Go, solusi streaming video di daerah dengan internet yang lambat
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - YouTube merilis sebuah aplikasi streaming video "ramah data". Bernama YouTube Go, aplikasi tersebut ditujukan untuk bekerja secara efektif di daerah yang tidak memiliki kecepatan internet terlalu baik.

Sama seperti aplikasi YouTube yang ada saat ini, YouTube Go memiliki fungsi utama untuk streaming video. Hanya saja, YouTube Go dibekali berbagai fitur untuk menghemat data internet.

"YouTube Go merupakan aplikasi baru untuk membantu generasi berikutnya dari pengguna untuk berbagi dan menikmati video," ujar Johanna Wright, VP Product Management YouTube, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Rabu (28/9/2016).

Salah satu fiturnya, YouTube Go memiliki sebuah fitur preview video dalam bentuk slideshow (seperti file presentasi). Dengan fitur seperti ini, pengguna bisa mendapatkan gambaran akan seperti apa video yang bakal ditontonnya.

Pengguna juga bisa mengunduh video yang ada melalui YouTube Go. Fitur ini membuat pengguna hanya menggunakan data internet sekali saja.

Menariknya lagi, pengguna bisa melihat ukuran video yang akan diunduhnya. Jika ingin menghemat data, unduh saja yang ukuran videonya paling kecil.

Konsekuensinya, video dengan ukuran terkecil biasanya memiliki resolusi gambar yang rendah pula.

Selain itu, sebelum mengunduh, YouTube Go akan memberitahukan berapa besar kapasitas penyimpanan yang masih tersedia di ponsel.

Ada juga kemampuan untuk mengirimkan video yang sudah diunduh ke ponsel lain dengan memanfaatkan Bluetooth. Dengan cara ini, pengguna bisa berbagi tanpa harus menggunakan data internet untuk kedua kalinya.

YouTube Go sendiri merupakan inisiatif Google untuk membuat YouTube bisa diakses di mana saja, hingga di daerah dengan internet yang tidak terlalu baik atau mahal.

Sayangnya, YouTube Go baru tersedia di India. Belum ada kabar, kapan ia akan hadir juga di Indonesia.



Sumber The Verge

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X