Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Mirrorless “Sensor Besar” Fujifilm GFX 50S

Kompas.com - 28/09/2016, 14:28 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

COLOGNE, KOMPAS.com — Fujifilm baru saja mengumumkan kamera mirrorless seri GFX terbarunya. Seri ini memiliki sensor berukuran medium format, yang lebih besar dibandingkan sensor kamera full frame atau APS-C.

Produk perdana untuk seri tersebut adalah Fujifilm GFX 50S. Salah satu hal yang menonjol dari kamera ini adalah soal ukuran dan bobot. Meski membawa sensor berukuran besar, bodi Fujifilm GFX 50S sama sekali tidak bongsor. Bodi tersebut justru tergolong ringkas untuk ukuran kamera bersensor besar.

Saat mengunjungi Photokina 2016, yang diselenggarakan pada 20-15 September lalu, KompasTekno sempat merasakan langsung kamera perdana dari lini produk tersebut.

Perlu diingat, kamera yang dijajal KompasTekno masih merupakan prototipe, jadi bisa saja, hingga waktu perilisannya nanti, akan mengalami sejumlah perubahan.

Berikut ini ulasan singkatnya.

Medium format rasa DSLR

Menenteng GFX 50S akan terasa seperti menenteng DSLR biasa, apalagi bila mengingat ukuran sensor di dalamnya yang lebih besar dibandingkan APS-C atau full frame.

Kami sempat menjajarkan GFX 50S ini dengan dua kamera DSLR bersensor full frame, yaitu Canon EOS 5D Mark IV dan Nikon D810. Dari situ terlihat bahwa ukuran bodi GFX 50S setara dengan kedua DSLR tersebut.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com (ki-ka) Canon EOS 5D Mark IV, Fujifilm GFX 50S, Nikon D810
Dari sisi samping akan terlihat bahwa bodi GFX ini lebih lebar dibandingkan kamera Fujifilm X-Series yang menggunakan sensor APS-C.

Kendati demikian, Fujifilm berhasil menjaga agar flange-back (jarak antara logam mounting lensa dan permukaan sensor) tetap pendek, yaitu sekitar 26,7 mm.

Pada sisi kiri bodi kamera ini, pengguna akan menemukan sejumlah port, antara lain HDMI, mikrofon, micro USB, serta slot memori.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Port untuk berbagai kebutuhan, seperti mic atau HDMI, diletakkan di bagian samping bodi GFX 50S
GFX 50S tidak memiliki viewfinder terintegrasi. Bila ingin mengintip komposisi foto, pengguna mesti mengandalkan LCD atau memasang viewfinder tambahan ke bagian hotshoe kamera. Jendela bidik ini merupakan jendela bidik elektronik (bukan optik) yang terhubung dengan hotshoe.

Namun, pengguna tak perlu khawatir harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan viewfinder tambahan itu. Fujifilm menjanjikan jendela bidik tambahan tersebut sebagai aksesori dalam paket pembelian kamera ini.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com GFX 50S dibekali dengan viewfinder yang bisa dipasang atau dilepas sesuati kebutuhan

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Kamera GFX 50S terlihat lebih kecil saat viewfinder dilepas
Saat viewfinder tambahan ini dilepas, bodi kamera GFX 50S akan tampak lebih ringkas lagi. Pasalnya, dimensi aksesori itu memang cukup menyita tempat. Setidaknya, keberadaan bagian itu akan membuat kamera ini seolah memiliki "punuk".

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com GFX 50S memiliki panel informasi yang diletakkan di sisi kanan atas
Pada panel bagian atas GFX 50S, pengguna akan menemukan berbagai tombol dial (putar) untuk pengaturan, seperti setting ISO dan shutter speed.

Di tepi kanan panel tersebut kini terdapat sebuah layar mungil yang menampilkan informasi pengaturan dasar, seperti shutter speed, apperture, exposure value, dan ISO.

Beralih ke bagian belakang GFX 50S, pengguna bakal menemukan sebuah LCD yang fleksibel, bisa ditekuk ke atas, ke bawah, juga ke kanan. Fleksibilitas ini akan sangat membantu saat pengguna memotret lanskap atau di studio.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com LCD milik GFX 50S bisa ditekuk ke atas-bawah sehingga memudahkan pengaturan posisi dalam pemotretan landscape maupun portrait

Mengenai lensa, Fujifilm telah menyiapkan seri Fujinon GF sebagai pasangan GFX 50S. Total ada enam lensa baru yang sedang disiapkan, mulai dari jenis lensa prime, wide, macro, hingga zoom.

Rencananya, Fujifilm akan merilis GFX 50S ini pada awal 2017 mendatang. Saat dirilis, ada tiga varian lensa yang akan diluncurkan bersamaan, yaitu Fujinon GF 63 mm F2.8 R WR, GF 32-64 mm F4 R LM WR, dan lensa Fujinon GF 120 mm F4 Macro R LM OIS WR.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com GFX 50S dibekali dengan keluarga lensa baru Fujinon GF

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com