Kompas.com - 28/09/2016, 14:28 WIB
Fotografer sedang menjajal mirrorless medium-format GFX 50S dalam ajang Photokina 2016, di Koelnmesse, Cologne, Jerman Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comFotografer sedang menjajal mirrorless medium-format GFX 50S dalam ajang Photokina 2016, di Koelnmesse, Cologne, Jerman
|
EditorReska K. Nistanto

COLOGNE, KOMPAS.com — Fujifilm baru saja mengumumkan kamera mirrorless seri GFX terbarunya. Seri ini memiliki sensor berukuran medium format, yang lebih besar dibandingkan sensor kamera full frame atau APS-C.

Produk perdana untuk seri tersebut adalah Fujifilm GFX 50S. Salah satu hal yang menonjol dari kamera ini adalah soal ukuran dan bobot. Meski membawa sensor berukuran besar, bodi Fujifilm GFX 50S sama sekali tidak bongsor. Bodi tersebut justru tergolong ringkas untuk ukuran kamera bersensor besar.

Saat mengunjungi Photokina 2016, yang diselenggarakan pada 20-15 September lalu, KompasTekno sempat merasakan langsung kamera perdana dari lini produk tersebut.

Perlu diingat, kamera yang dijajal KompasTekno masih merupakan prototipe, jadi bisa saja, hingga waktu perilisannya nanti, akan mengalami sejumlah perubahan.

Berikut ini ulasan singkatnya.

Medium format rasa DSLR

Menenteng GFX 50S akan terasa seperti menenteng DSLR biasa, apalagi bila mengingat ukuran sensor di dalamnya yang lebih besar dibandingkan APS-C atau full frame.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kami sempat menjajarkan GFX 50S ini dengan dua kamera DSLR bersensor full frame, yaitu Canon EOS 5D Mark IV dan Nikon D810. Dari situ terlihat bahwa ukuran bodi GFX 50S setara dengan kedua DSLR tersebut.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com (ki-ka) Canon EOS 5D Mark IV, Fujifilm GFX 50S, Nikon D810
Dari sisi samping akan terlihat bahwa bodi GFX ini lebih lebar dibandingkan kamera Fujifilm X-Series yang menggunakan sensor APS-C.

Kendati demikian, Fujifilm berhasil menjaga agar flange-back (jarak antara logam mounting lensa dan permukaan sensor) tetap pendek, yaitu sekitar 26,7 mm.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.