Kompas.com - 28/09/2016, 16:33 WIB
|
EditorDeliusno

COLOGNE, KOMPAS.com - Yi membuat kejutan dengan merilis mirrorless M1 di ajang Photokina 2016. Kamera tersebut memiliki desain mirip Leica T, banderol harga murah, dan  kualitas foto yang dijanjikan memuaskan.

Perusahaan asal China itu membekali M1 dengan sensor CMOS Sony Exmor IMX269. Sensor ini mengusung resolusi 20 megapiksel (5.184 x 3.888 piksel), dapat menghasilkan foto berformat RAW DNG, cakupan ISO dari 100 hingga 25.600, dan kemampuan merekam video berformat 4K/30 fps.

Baca: Resmi, Kamera Mirrorless Yi M1 Dijual Mulai Rp 6,4 Juta

Sistem autofocus kamera ini menggunakan mode contrast detection dengan 81 titik fokus. Pengguna yang memakai fokus manual juga bisa menyetel panduan berupa Focus Peaking.

Saat KompasTekno menjajal kamera ini di ajang Photokina 2016, autofocus tersebut terasa tidak menentu. Kinerjanya bervariasi antara fokus mengunci dengan cepat, mengunci tapi ternyata belum fokus, dan kesulitan mengunci fokus.

Saat memotret, LCD kamera otomatis menaikkan tingkat kecerahan layar. Dengan cara ini, bidikan akan terlihat lebih jelas meski kondisi cahaya cenderung remang-remang.

Di sisi lain, kecerahan otomatis ini juga bisa jadi mengganggu karena tidak menampilkan kondisi pencahayaan sebenarnya. Tanpa menilik lebih lanjut, misalnya melalui informasi exposure value atau histogram (jika ada), pengguna akan mudah tertipu.

Baca: Lebih Dekat dengan Mirrorless Murah Yi M1

Kesan pertama kami, asalkan pengguna mendapatkan cahaya yang pas, hasilnya akan cukup bagus.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal hasil jepretan Yi M1, KompasTekno lampirkan sejumlah foto yang dipotret menggunakan kamera tersebut saat berada di Photokina 2016.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Foto menggunakan lensa Yi 42,5mm F1.8; ISO 200; F1.8; dan shutter 1/50

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Foto menggunakan lensa Yi 12-40mm F3.5-5.6 pada 12mm; ISO 200; F3.5; dan shutter 1/40
Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Foto menggunakan lensa Yi 42,5mm F1.8 pada ISO 200; F1.8; dan shutter 1/60
Soal lensa, Yi M1 menggunakan mounting dan sensor ukuran micro four-third (MFT). Dengan cara demikian, kamera ini bisa dipasangkan dengan lensa MFT buatan produsen lain, yaitu Olympus dan Panasonic.

Berikut ini, hasil jepretan Yi M1 saat dipasangkan dengan lensa kit zoom Olympus M 12-40 mm F3.5-5.6 EZ.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Foto menggunakan lensa kit Olympus M 14-42mm F3.5-5.6 pada ISO 200; F5.6; dan shutter 1/40

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.