Tiket ke Mars Bakal Dijual Rp 2,5 Miliar

Kompas.com - 30/09/2016, 06:56 WIB
Sosok planet Mars sebagaimana diteropong oleh NASA dengan teleskop antariksa Hubble pada 2003. NASASosok planet Mars sebagaimana diteropong oleh NASA dengan teleskop antariksa Hubble pada 2003.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Miliarder teknologi Elon Musk memperkenalkan Interplanetary Transport System, armada pesawat ruang angkasa buatan perusahaan antariksa Space X yang dirancang untuk mengirim manusia ke planet Mars.

Musk yang mendirikan Space X pada 2002 memang dikenal ingin mengolonisasi planet merah itu dengan membangun kota di sana. Saat ini Interplanetary Transport System masih dalam pengembangan.

Dia menargetkan sudah bisa mengirim penumpang manusia ke Mars pada pertengahan atau akhir dekade 2020-an mendatang.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Register, Jumat (30/9/2016), nantinya para peminat bisa membeli tiket yang diperkirakan berbanderol 200.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,5 miliar per orang. Harga itu diharapkan bisa turun hingga 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,3 miliar per orang.

“Membiayai upaya ini adalah sebuah tantangan,” kata Musk ketika berbicara dalam konferensi 67th International Astronautical Conference di Guadalajara, Meksiko.

“Begitu kita tunjukkan bahwa hal tersebut bukan sekadar mimpi, tapi benar-benar bisa diwujudkan, dukungan akan banyak mengalir,” imbuhnya.

“Booster” ulang alik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Interplanetary Transport System sendiri terdiri dari unit roket pendorong (booster) dan pesawat antariksa untuk mengangkut penumpang.

Pertama-tama, booster dan pesawat akan diluncurkan bersama ke orbit. Booster lalu akan memisahkan diri dan kembali ke bumi untuk mengambil tanki bahan bakar, lalu berangkat lagi ke orbit.

Tanki ini lantas digunakan untuk memasok bahan bakar ke pesawat sebelum memulai perjalanannya ke Mars. Unit booster “ulang alik” diharapkan bisa dipakai ulang sebanyak 1.000 kali sehingga menghemat ongkos.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.