Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama Palapa Ring Timur Ditandatangani

Kompas.com - 30/09/2016, 09:00 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Perjanjian kerja sama proyek Palapa Ring paket timur ditandatangani bersama oleh pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

Penandatanganan antara Menteri Komunikasi Informatika Rudiantara, PT Palapa Timur Telematika, dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia itu dilakukan di Istana Negara, Kamis (29/9/2016), dan disaksikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama ini, proyek Palapa Ring Timur yang dimenangkan oleh konsorsium Moratelindo - IBS - Smart Telecom, bisa segera dilaksanakan.

Sebelumnya, untuk proyek Palapa Ring paket Barat dan Tengah, proses pengerjaannya sudah mulai dilaksanakan.

Menkominfo Rudiantara melalui akun Twitter pribadinya mengatakan bahwa proyek Palapa Ring adalah upaya pemerintah membangun ketersediaan layanan jaringan serat optik sebagai tulang punggung sistem telekomunikasi nasional.

"Rahasia umum bahwa meski sama-sama Indonesia, wilayah di luar Pulau Jawa khususnya bagian timur Indonesia mengidap internet lelet dan mahal," kata Rudiantara.

Masalah itulah yang ingin diselesaikan Rudiantara dengan menghubungkan 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan kabel optik.

"Itu masalah bangsa dalam infrastruktur akses Internet, kita butuh 'tol Informasi' yang akan 'dekatkan' semua wilayah Indonesia," katanya.

Pembiayaan Palapa Ring untuk semua paket menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah-Badan Usaha/KPBU, sesuai Perpres 38/2015, dan konsepnya adalah BOOT (Build-Own-Operate-Transfer).

Sedangkan pengembalian investasi badan usahanya menggunakan skema Availibility Payment, sesuai PMK 190/PMK.08/2015.

"Dengan kedua skema tersebut, penggunaan APBN/P akan lebih efektif dan efisien," kata Rudiantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com