GfK Klarifikasi Klaim Fujifilm

Kompas.com - 30/09/2016, 14:46 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Akhir Agustus lalu, KompasTekno menurunkan artikel mengenai pangsa Fujifilm di pasaran kamera mirrorless di Indonesia.

Pihak GFK selaku pemilik data riset pasar yang dikutip oleh Fujifilm Indonesia hendak menyampaikan penjelasan dalam bentuk hak jawab sebagai berikut.

Berkaitan dengan 2 artikel yang terbit di Kompas.com

1.     Artikel pertama diterbitkan tanggal 24 Agustus 2016 dengan judul : Fujifilm Hanya Butuh 5 Tahun untuk Kuasai Pasar “Mirrorless” Indonesia (http://tekno.kompas.com/read/2016/08/24/15580027/fujifilm.hanya.butuh.5.tahun.untuk.kuasai.pasar.mirrorless.indonesia)

2.     Artikel kedua diterbitkan tanggal 29 Agustus 2016 dengan judul : Fujifilm Hanya Butuh 5 Tahun untuk Kuasai Pasar “Mirrorless” Indonesia (http://tekno.kompas.com/read/2016/08/24/15580027/fujifilm.hanya.butuh.5.tahun.untuk.kuasai.pasar.mirrorless.indonesia)
 
Kedua artikel tersebut memuat pernyataan dan klaim berbunyi “sesuai dengan data dari GfK”. Kami ingin meluruskan bahwa GfK belum dan tidak pernah dimintai verifikasi atau mengesahkan data dan klaim pada artikel tersebut. Oleh karena itu pernyataan "sesuai dengan data dari GfK" tidak tepat.

GfK adalah pemilik hak cipta resmi dari setiap dan semua data GfK, termasuk ketika data GfK diberikan oleh pihak ketiga tanpa izin (yaitu dari sumber berita kepada penerbit). Karena itu penerbit (yaitu Kompas.com) seharusnya memverifikasi ketepatan dari data GfK sebelum diterbitkan. Meskipun kedua artikel mengutip GfK sebagai sumber data, namun Kompas.com belum memeriksakan kebenaran data tersebut.

Dalam kasus dimana verifikasi belum dilakukan, seperti dalam kasus ini, GfK tidak bertanggung jawab atas kebenaran data yang diklaim tersebut ataupun data GfK yang dirilis oleh pihak ketiga seperti pada kedua artikel ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mohon bapak memastikan bahwa artikel balasan (atau Hak Jawab) di atas dapat diterbitkan, sebagaimana hak dan kewajiban GfK untuk membuat klarifikasi yang diperlukan bagi pembaca dari kedua artikel ini, dalam rangka menghindari salah pengertian dan/atau salah interpretasi yang mungkin telah terjadi.

Johan Pangaribuan
Account Director, Technology
GfK

Penjelasan di atas sekaligus merupakan klarifikasi atas pemberitaan sebelumnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.