Leica dan Huawei Bikin Pusat Riset Fotografi

Kompas.com - 01/10/2016, 18:05 WIB
Huawei P9 yang menggunakan kamera hasil kerja sama dengan Leica PetaPixelHuawei P9 yang menggunakan kamera hasil kerja sama dengan Leica
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Hubungan Leica dengan Huawei semakin akrab saja. Setelah bekerja sama membuat ponsel seri P9, kali ini keduanya mendirikan laboratorium pusat riset dan inovasi untuk mengembangkan teknologi fotografi.

Laboratorium tersebut diberi nama Max Berek Innovation Lab. Kedua perusahaan sepakat meletakkannya di kantor pusat Leica, di kota Wetzlar, Jerman.

Nama Max Berek sendiri berasal dari pionir mikroskop asal Jerman sekaligus pencipta lensa Leica pertama. Berek pun terkenal sebagai perancang optik pada lebih dari 20 lensa untuk kamera 35 mm buatan Oskar Barnack.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Peta Pixel, Sabtu (1/10/2016), para peneliti di laboratorium Max Berek akan bekerja mencari teknologi dan cara meningkatkan kualitas foto, baik berdasarkan optik secara fisik, maupun dengan memanfaatkan pemrosesan software.

Pekerjaan tersebut akan mencakup berbagai bidang, mulai dari fotografi tradisional, komputasi pemrosesan gambar, augmented reality, hingga virtual reality. Selain itu, laboratorium prakarsa Leica dan Huawei ini juga bekerja sama dengan berbagai peneliti dari seluruh dunia.

“Sekitar lebih dari 90 persen traffic data di masa depan berisi foto dan video. Kami mendirikan Max Berek Innovation Lab sebagai suatu kerja sama yang lebih erat dengan Leica, sekaligus agar menjadi pemimpin dalam upaya meningkatkan kualitas foto dan video,” tutur CEO Huawei Ren Zhengfei.

“Sebagai hasilnya, kami akan menciptakan inovasi paling canggih dalam kategori kamera ponsel,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PetaPixel

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.