Kompas.com - 03/10/2016, 06:16 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Tindak pembajakan software eksis di mana-mana, termasuk di negara semaju Jepang sekali pun. Contohnya seperti yang dilakukan pria warga Tokyo berusia 24 tahun ini.

Si pria bernama Daisuke Ikeda tersebut ditahan polisi setelah kedapatan menjual lima unit iPhone hasil oprekan alias “jailbreak” antara bulan Maret hingga Mei tahun ini.

Ikeda berhasil meraup untung sebesar 120.000 yen atau lebih dari Rp 15 juta dari tindakan ilegalnya itu.

Sebelum tertangkap, Ikeda diperkirakan telah berhasil menjual lebih dari 200 iPhone dan mendapatkan laba senilai 5 juta yen (sekitar Rp 644 juta).

Tidak disebutkan model iPhone mana saja yang dijualnya. Yang jelas Ikeda menawarkan ponsel ke pembeli dalam keadaan sudah di-jailbreak, yakni dimodifikasi agar bisa memasang aplikasi dari sumber lain di luar App Store.

iPhone hasil jailbreak bisa mengakses toko aplikasi Cydia, berisi aneka judul software dan tool. Jailbreak turut membuka jalan untuk pemasangan aplikasi bajakan.

Itu pula yang dilakukan oleh Ikeda. Dia memasang game Monster Strike -salah satu game mobile terpopuler di Jepang- versi bajakan di iPhone yang dijualnya.

Dari laporan Phone Arena yang dirangkum KompasTekno, Senin (3/10/2016), penangkapan Ikeda dilaporkan merupakan kejadian pertama yang melibatkan iPhone jailbreak di Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.