Rahasia di Balik Fitur “People You May Know” Facebook

Kompas.com - 03/10/2016, 14:50 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Facebook memiliki fitur bernama “People You May Know”. Sesuai dengan namanya, fitur tersebut menyodorkan berbagai akun yang mungkin saja dikenal pengguna, namun belum menjadi teman.

Di baliknya, tersimpan sebuah rahasia yang agak menakutkan karena melalui algoritma dan data tertentu, rekomendasi teman itu bisa menyodorkan nama-nama di dunia nyata berlokasi dekat dengan pengguna.

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari Recode, Senin (2/10/2016), menceritakan mengenai pengalaman aneh Jason Del Rey saat menggunakan fitur rekomendasi teman, People You May Know tersebut.

Contohnya, pada satu waktu Del Rey sedang berjalan dan berpapasan dengan seorang kenalan yang sedang melintas. Dia tidak berhenti atau mengobrol dengan kenalan itu.

Namun beberapa jam kemudian, ternyata Del Rey muncul dalam daftar rekomendasi teman milik kenalan yang berpapasan dengannya itu.

Pengalaman serupa juga terjadi saat dia bertemu dengan seorang juru bicara perusahaan yang belum pernah dikenalnya. Beberapa jam pasca pertemuan, nama juru bicara itu muncul sebagai rekomendasi teratas di People You May Know dalam Facebook Del Rey.

Melacak pengguna

Berkaca kepada pengalaman tersebut, Facebook kemungkinan menggunakan sistem pelacak, entah berupa pelacak lokasi atau sekadar situs web saja.

Raksasa jejaring sosial itu tetap kukuh mengatakan bahwa mereka tidak melacak lokasi pengguna. Kejadian yang dua kali dialami Del Rey itu dianggap sebagai kebetulan belaka.

Facebook, melalui juru bicaranya, kemudian menjelaskan sejumlah hal terkait cara kerja algoritma di balik fitur People You May Know  ini.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.