Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto dari Kamera WhatsApp Bisa Ditempeli Stiker

Kompas.com - 04/10/2016, 09:32 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp mengumumkan fitur pengedit foto dan video di aplikasi kameranya di platform Android. Pengguna Android yang memotret atau merekam video langsung dari aplikasi WhatsApp kini bisa menempelkan stiker, teks, menambah coretan, dan crop foto sebelum dikirimkan.

Update ini diberikan untuk WhatsApp versi 2.16.290 di Android. Untuk memperbaruinya, Anda bisa mengunjungi halaman aplikasi WhatsApp di Google Play Store, atau situs resmi WhatsApp di tautan berikut ini.

Caranya, cukup memotret foto atau merekam video dengan tombol kamera yang disediakan di halaman percakapan WhatsApp (di samping kolom untuk mengetik pesan). Setelah mengambil foto atau video, tekan tombol untuk membagikannya.

Pengguna akan dibawa ke menu pengeditan yang baru yang kini menyertakan menu penambahan stiker, teks, dan coret-coretan di bagian atas, selain menu untuk cropping foto.

ist Menu stiker dan teks di foto kamera WhatsApp.
Bila enggan memotret atau merekam video baru, pengguna juga bisa memakai stok foto lama yang tersimpan di ponsel. Foto yang ingin diedit dengan stiker dan teks bisa dipilih dengan menekan tombol kamera WhatsApp (bukan menu Attachment/Lampiran).

Deretan foto akan ditampilkan di atas tombol shutter kamera, Anda bisa memilihnya dengan menggeser-geser foto ke kanan atau kiri.

ist Memilih foto yang ingin diedit di WhatsApp.
Informasi yang dirangkum KompasTekno dari WhatsApp Blog, Selasa (3/10/2016), menyebutkan bahwa kamera di aplikasi WhatsApp ini juga sudah mendukung pemakaian flash depan. Dengan demikian, pengguna bisa mendapatkan foto selfie yang lebih jelas, terutama dalam kondisi kekurangan cahaya atau saat malam hari.

WhatsApp Fitur editing baru pada kamera WhatsApp
Fitur lainnya, pengguna kini bisa melakuakan zoom in dan zoom out saat merekam video. Cukup melakukannya dengan mengusap jari ke arah atas atau bawah layar ketika sedang merekam video.

Pengguna pun tak perlu lagi repot menyentuh ikon kamera untuk membalik antara kamera depan dan belakang.

Pada WhatsApp versi baru ini, pengguna cukup mengetuk dua kali pada layar, maka kamera akan otomatis berganti dari kamera depan ke belakang, atau sebaliknya.

Fitur baru ini sudah dirilis untuk platform sistem operasi Android. Sedangkan ponsel bersistem operasi iOS akan mendapatkannya belakangan, pada waktu yang belum ditentukan.

Sekadar catatan, meski WhatsApp mengatakan sudah merilis fitur baru ini untuk Android, bukan berarti seluruh pengguna sudah bisa memakainya. Update dilakukan secara bertahap sehingga masing-masing pengguna mungkin akan mendapatkannya di waktu yang berbeda-beda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com