Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Headset VR Google Daydream Bakal Dijual Murah?

Kompas.com - 04/10/2016, 11:39 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Google dikabarkan bakal meluncurkan sejumlah hardware baru dalam acara yang digelar malam ini di San Francisco, AS. Salah satunya adalah headset virtual reality bernama Daydream.

Bocoran terbaru yang dirangkum KompasTekno dari Cnet, Selasa (04/10/2016), menyebutkan bahwa Daydream bakal dibanderol dengan harga relatif murah, yakni 79 dollar AS atau sekitar Rp 900.000.

Pertama kali diperkenalkan pada Mei lalu, Daydream akan diproduksi oleh rekanan manufaktur Google, dalam hal ini HTC yang juga menangani duo ponsel Pixel dan Pixel XL.

Daydream merupakan platform hardware dan software yang digunakan bersama smartphone Android untuk menciptakan headset VR.

Cara kerjanya mirip dengan headset Google Cardboard dengan ponsel yang diletakkan sebagai “layar” untuk memproyeksikan gambar ke mata pengguna lewat sepasang lensa khusus.

Hanya saja, Daydream dijanjikan lebih ergonomis dan nyaman dipakai ketimbang Cardboard yang terbuat dari kardus.

Headset ini juga hanya bisa dipakai bersama ponsel Android baru yang sudah mendapat sertifikasi VR dari Google.

Sertifikasi tersebut mensyaratkan adanya komponen-komponen penunjang seperti sensor berkualitas tinggi untuk melacak pergerakan kepala dan mengurangi gambar buram.

Alphabet, perusahaan induk Google, juga dilaporkan menanam modal besar untuk pengembangan konten Daydream. Sebagian investasi ditujukan untuk pengembangan game dan aplikasi, serta lisensi tayangan olahraga dan video 360 derajat.

Selain Daydream, malam ini Google diprediksi bakal turut memperkenalkan perangkat-perangkat lain termasuk duo smartphone Pixel dan dongle streaming Chromecast 4K Ultra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com