Facebook Rilis Messenger Lite untuk Android "Low-end"

Kompas.com - 04/10/2016, 12:39 WIB
|
EditorDeliusno


KOMPAS.com - Facebook merilis aplikasi pesan instan untuk ponsel Android low-end. Aplikasi tersebut dinamakan Messenger Lite.

Aplikasi tersebut sejatinya memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dari Facebook Messenger. Hanya saja, ada beberapa fitur memberatkan yang dihilangkan.

Facebook juga menyebutkan bahwa aplikasi ini cocok digunakan di negara dengan koneksi internet yang lelet. Akan tetapi, tidak disebutkan fitur seperti apa yang mengakomodir klaim tersebut.

“Dengan Messenger Lite ini, orang-orang akan lebih mudah berkomunikasi, tanpa terhambat kondisi internet atau kapasitas memori di ponsel Android mereka,” tutur Engineering Manager for Messenger Lite, Tom Mulcahy.

Sesuai dengan embel-embel Lite pada namanya, file aplikasi ini tidak memakan banyak ruang memori. Facebook memangkas banyak fitur, sehingga ukuran file Messenger Lite bisa di bawah 10 MB, jauh lebih kecil dibandingkan aplikasi Messenger original yang mencapai 40 MB.

Kendati demikian, semua fitur inti memakai Messenger juga bisa dirasakan di Messenger Lite. Penggunanya bisa berkirim foto, mengobrol, berbagai tautan, serta mengirimkan stiker.

Kendati demikian, Facebook tidak menjelaskan fitur apa saja yang dihilangkan dari versi aslinya.

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari Newsroom Facebook, Selasa (3/10/2016) menyebutkan bahwa aplikasi Messenger Lite sudah dirilis untuk pengguna di Kenya, Tunisa, Malaysia, Sri Lanka, dan Venezuela.

Facebook juga berencana merilisnya ke negara-negara lain dalam beberapa bulan mendatang. Belum diketahui apakah Indonesia juga termasuk dalam daftar perilisan.

Tidak disebutkan juga, apakah aplikasi versi ringan ini akan hadir juga di iOS atau tidak.

Sebelumnya, perusahaan juga pernah merilis aplikasi serupa bernama Facebook Lite di Indonesia. Aplikasi ini merupakan turunan dari Facebook original, namun dimodifikasi agar ukuran file-nya lebih kecil dan bisa dipakai saat kondisi internet lelet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.