Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Andalkan Ponsel "Papan Tengah" di Indonesia

Kompas.com - 04/10/2016, 18:20 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - LG sedang giat meluncurkan smartphone Android papan tengah di Indonesia. Pabrikan asal Korea Selatan ini belakangan meluncurkan tiga model dari keluarga ponsel mid-range seri X, yakni X Screen, X Cam, dan X Power.

Head of LG Communications Indonesia Hee Gyun Jang mengaku pihaknya mengandalkan produk-produk menengah tersebut dalam usaha menggenjot perolehan pangsa pasar di Indonesia.

“Kami mendorong segmen menengah ini, juga segmen premium secara bersamaan,” kata Jang saat ditemui usai acara peluncuran LG X Power di Jakarta, Selasa (4/10/2016).

Produk-produk segmen menengah dengan kisaran harga Rp 2 juta hingga 3,5 juta, menurut Jang, adalah penyumbang kontribusi paling besar terhadap penjualan smartphone LG di Indonesia, tapi dia enggan mengungkapkan persentase pastinya.

“Di segmen itu kami punya produk-produk andalan seperti seri K10 seharga Rp 2,5 juta , K8 seharga Rp 2 juta, Stylus 2 seharga Rp 3,3 juta, dan X Power ini,” ujar Jang memberikan contoh.

Jang mengatakan pihaknya menargetkan perolehan market share sebesar 5 persen di pasaran smartphone Indonesia tahun depan. Dia tak merinci berapa pangsa pasar smartphone LG di Tanah Air saat ini. “Yang jelas, kami masuk 10 besar,” katanya singkat.

Data dari lembaga riset IDC untuk kuartal II 2016 menyebutkan bahwa pasaran smartphone Indonesia saat ini dikuasai Samsung dengan pangsa 26 persen, disusul Oppo dan Asus masing-masing dengan pangsa 19 persen dan 9 persen.

Urutan keempat dan kelima diduduki oleh Advan dan Lenovo, dengan persentase market share 8 persen dan 6 persen.

Yakin penuhi TKDN

Jang menambahkan pihaknya sudah siap memenuhi ketentuan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 30 persen untuk ponsel 4G yang akan berlaku dalam waktu dekat, pada 1  Januari 2017.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.