Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Resmikan Android Pixel dan Pixel XL Pengganti Nexus

Kompas.com - 05/10/2016, 00:38 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google akhirnya resmi meninggalkan lini Nexus dan memakai nama lain untuk Android buatannya. Sesuai dengan rumor yang telah beredar, ponsel “made by Google” itu disebut dengan nama Pixel.

Raksasa mesin pencari itu mengumumkan smartphone Pixel dalam sebuah acara yang berlangsung di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari siaran langsung acara tersebut, Rabu (5/10/2016) dini hari, ada dua seri Pixel yang diluncurkan Google, yaitu Pixel berukuran layar 5 inci dan Pixel XL dengan layar 5,5 inci.

Meski dilabeli sebagai ponsel made by Google, sebenarnya perakitan duo Pixel dipercayakan kepada vendor ponsel Taiwan, HTC.

Pixel dan Pixel XL memiliki otak pemrosesan chipset Qualcomm Snapdragon 821 serta sistem operasi Android yang diracik secara khusus oleh Google. Sistem operasi sudah mendukung platform virtual reality Daydream buatan mereka sendiri.

Duo Pixel dibekali dengan berbagai aplikasi baru, antara lain Google Assistant yang bisa diperintah menggunakan suara. Misalnya, untuk memutar musik tertentu, memilih musik, atau sekadar mencari restoran. Kedua smartphone Android ini mengusung sistem operasi Android 7.0 Nougat.

Kamera belakang Pixel dan Pixel XL memiliki ketajaman resolusi 12 megapiksel dengan ukuran piksel 1,55 mikron, dan diafragma F/2.0. Tak seperti tren smartphone lainnya, desain lensa kamera Pixel tidak menonjol dari bodi. Kamera ini dijagokan sebagai yang terbaik dalam kategori smartphone, bahkan disebut mendapat skor 89 di pengujian DxOMark.

Semua foto atau video yang dihasilkan Pixel dijamin tidak akan memenuhi memori internal smartphone. Pasalnya, Google memberikan ruang penyimpanan cloud tanpa batas dan tetap dalam ukuran aslinya (tidak di-compress).

Terakhir, fitur yang diunggulkan adalah kemampuan pengisian daya baterai super cepat (fast charging). Pengguna cukup meluangkan waktu 15 menit saja agar daya ponsel bisa terisi dan dipakai selama 7 jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com