Bos BlackBerry Komentari Desain Ponsel Android dan iPhone

Kompas.com - 06/10/2016, 17:30 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - BlackBerry selama ini selalu dikenal sebagai produsen smartphone dengan keyboard fisik. Lantas, apa komentar perusahaan asal Kanada itu soal desain fisik perangkat bikinan vendor lain, terutama iPhone dan smartphone berbasis Android?

Senior VP divisi Mobile BlackBerry, Alex Turber, mengomentari desain kebanyakan ponsel masa kini semuanya seragam, melulu berbentuk persegi panjang dengan layar sentuh.

“Kalau Anda lihat Android dan iPhone, mereka tampak sama. Sebaliknya, (ponsel dengan keyboard QWERTY) BlackBerry Passport tampak menonjol. Kami pikir ada permintaan di pasar atas ponsel dengan keyboard fisik,” ujar salah satu bos BlackBerry itu.

Laporan terbaru yang dirangkum KompasTekno dari BBC, Kamis (6/10/2016), menyebutkan bahwa sebuah ponsel BlackBerry baru dengan keyboard fisik, seperti ciri khasnya selama ini, akan dirilis beberapa waktu ke depan.

Dengan keyboard fisik tersebut, BlackBerry berusaha tampil beda dari desain ponsel masa kini yang disebut seragam itu. Selain itu, BlackBerry memang masih percaya bahwa permintaan perangkat seperti ini masih ada di pasaran.

“Bakal ada perangkat BlackBerry berbasis keyboard fisik yang akan didistribusikan dalam enam bulan ke depan. Kami gembira soal ini,” ujar Turber dalam sebuah wawancara.

BlackBerry sendiri sudah berhenti membuat ponsel sendiri. Namun pabrikan asal Kanada itu agaknya masih belum benar-benar menyerah.

Proses itu dipercayakan kepada pihak ketiga, yakn PT BB Merah Putih di Indonesia melalui lisensi dari BlackBerry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC News

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.