"Selfie" Pertama di Dunia Bermula dari Hobi di Jeda Kerja

Kompas.com - 06/10/2016, 18:09 WIB
Ilustrasi selfie. IstIlustrasi selfie.
Penulis Reza Pahlevi
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com – Fenomena selfie memang tengah merebak di kalangan anak muda zaman sekarang. Terlebih lagi, kini cukup bermodal ponsel kamera untuk bisa mendapatkan hasil foto diri sempurna.

Sesekali, anak-anak muda itu rela mengubah pose wajah, seperti memajukan bibir, supaya hasil foto menarik atau sekadar lucu-lucuan. Namun, banyak orang tidak tahu, foto diri pertama yang terdokumentasikan justru menggunakan pose sangat serius.

Adalah Robert Cornelius, orang pertama yang tercatat melakukan selfie pertama kali. Hasil foto dirinya tidak bergaya duck face atau menutupi mulut. Dia hanya berdiri dengan muka serius.

Dalam keseharian, aktivitas Cornelius adalah membantu sang ayah menjaga toko pelat perak di Philadelphia, Amerika Serikat. Nah, saat pengunjung toko sepi, Cornelius mencuri waktu untuk mendalami hobinya, yaitu fotografi.

Dia kerap menjepret beberapa objek di sekitarnya. Pada stu hari, dia mencoba berpose tepat di depan kamera yang sebelumnya sudah diatur untuk memotret secara otomatis. 

“Cekrek…”, bunyi kamera Cornelius saat melakukan selfie. Inilah foto diri pertama yang tercatat di dunia.

Wikimedia Foto selfie Robert Cornelius menggunakan kamera tipe Daguereotype
Bedanya lagi dengan selfie pada hari-hari ini, Cornelius harus berdiri diam selama 15 menit setelah tombol kamera dipencet, untuk mendapatkan satu potret tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia pun sebelumnya harus membuat remote pengendali yang dapat mengatur kameranya merekam foto.

Di balik foto tersebut dia lalu menuliskan, “The first light picture ever taken: 1839”.

Jika penasaran, Anda bisa melihat swafoto Cornelius dipajang di perpustakaan terbesar dunia, Library of Congress, di Washington DC, Amerika Serikat.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.