Cara Membuat Percakapan Rahasia di Facebook Messenger

Kompas.com - 07/10/2016, 19:08 WIB
Ilustrasi Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comIlustrasi
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Facebook telah merilis fitur enkripsi end-to-end untuk aplikasi Messenger. Saat fitur ini dinyalakan, pengguna bisa melakukan percakapan rahasia dan dijamin tidak bisa disadap.

Ekrinpsi tersebut berlaku end-to-end, artinya pengirim dan penerima pesan sama-sama terlindungi. Pesan yang dikirim hanya bisa dibuka oleh pengguna lain yang dituju.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Cnet, Jumat (7/10/2016), pengguna juga bisa mengatur durasi penyimpanan sebuah pesan. Misalnya durasi diatur 10 detik, maka seluruh pesan rahasia itu akan otomatis dihapus setelah lewat dari durasi.

Untuk menjajal fitur percakapan rahasia tersebut, ikuti panduan di bawah ini:

1. Pasang Messenger

Jika Anda belum memiliki aplikasi Facebook Messenger, cari dan pasanglah aplikasi itu. Anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store atau Apple App Store. Selanjutnya, buka aplikasi.

screenshot Menu percakapan rahasia di Facebook Messenger

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Buka Menu

Perhatikan ikon lingkaran dengan gambar orang, yang terdapat di bagian atas paling kanan, tepat di bawah kotak pencarian (Android) atau paling bawah di sisi kanan (iOS). Sentuhlah ikon itu dan Anda akan masuk ke menu.

Selanjutnya, cari "Secret Conversation", seperti gambar di atas. Sentuhlah tulisan tersebut, pilih "Ok", kemudian nyalakan fitur ini.

Setelah fitur ini dinyalakan, Anda bisa langsung memakainya untuk memulai percakapan.

Halaman:


Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X