Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Percakapan Rahasia di Facebook Messenger

Kompas.com - 07/10/2016, 19:08 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Facebook telah merilis fitur enkripsi end-to-end untuk aplikasi Messenger. Saat fitur ini dinyalakan, pengguna bisa melakukan percakapan rahasia dan dijamin tidak bisa disadap.

Ekrinpsi tersebut berlaku end-to-end, artinya pengirim dan penerima pesan sama-sama terlindungi. Pesan yang dikirim hanya bisa dibuka oleh pengguna lain yang dituju.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Cnet, Jumat (7/10/2016), pengguna juga bisa mengatur durasi penyimpanan sebuah pesan. Misalnya durasi diatur 10 detik, maka seluruh pesan rahasia itu akan otomatis dihapus setelah lewat dari durasi.

Untuk menjajal fitur percakapan rahasia tersebut, ikuti panduan di bawah ini:

1. Pasang Messenger

Jika Anda belum memiliki aplikasi Facebook Messenger, cari dan pasanglah aplikasi itu. Anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store atau Apple App Store. Selanjutnya, buka aplikasi.

screenshot Menu percakapan rahasia di Facebook Messenger

2. Buka Menu

Perhatikan ikon lingkaran dengan gambar orang, yang terdapat di bagian atas paling kanan, tepat di bawah kotak pencarian (Android) atau paling bawah di sisi kanan (iOS). Sentuhlah ikon itu dan Anda akan masuk ke menu.

Selanjutnya, cari "Secret Conversation", seperti gambar di atas. Sentuhlah tulisan tersebut, pilih "Ok", kemudian nyalakan fitur ini.

Setelah fitur ini dinyalakan, Anda bisa langsung memakainya untuk memulai percakapan.

Caranya, kembali ke halaman Home. Kemudian, pilih ikon "+" di Android atau ikon pengiriman pesan baru (di sudut kanan atas) di iOS.

Setelah itu, tekan "Write messages" (untuk Android) dan tekan ikon gembok yang terdapat di kanan atas untuk perangkat Android. Untuk iOS, logo gembok tersebut digantikan dengan kata "Secret" yang letaknya juga di kanan atas.

Terakhir, pilihlah orang yang ingin diajak berbicara secara rahasia. Percakapan yang terbuka setelah menyentuh ikon gembok dan pemilihan orang yang ingin diajak berbicara itu adalah percakapan rahasia.

Satu catatan, fitur ini hanya akan bisa digunakan apabila keduanya menyalakan fitur "Secret Conversation" ini. Apabila hanya ada salah satu saja yang mengirimkan, pesan tidak akan terkirim.

3. Atur durasi

Halaman:
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com