Para Bocah Bermain Game untuk Membuat Game

Kompas.com - 09/10/2016, 10:08 WIB
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak kurang 30 orang anak-anak dan remaja, Sabtu (8/10/2016) belajar membuat aplikasi game di Gedung Harian Kompas, Jakarta.

Puluhan bocah itu berasal dari berbagai daerah, beberapa orang di antaranya berasal dari Kampung Pesawahan, Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Mereka berangkat sejak lepas tengah malam atau Sabtu dinihari dan tiba di Jakarta pada Sabtu pagi. Selain mereka, sejumlah peserta lain datang dari wilayah Jabodetabek untuk mengikuti pelatihan dengan metode bermain game untuk membuat game.

Pelatihan ini disampaikan sejumlah fasilitator dari Clevio Coder Camp, di antaranya adalah Aranggi Soemardjan dan Fransiska Oetami, sebagai dasar dan pengenalan ilmu bahasa pemrograman komputer, yang menjadi alas logika digital di era masyarakat informasi.

Karena game relatif disukai banyak orang, maka ini merupakan pelantar yang baik sebagai pintu masuk menuju beragam tema. Pendidikan, kesehatan, kedaulatan, ketahanan pangan, olahraga, kelautan, humaniora, politik, dan nyaris semuanya.

Gerakan bermain game untuk membuat game ini dimulai pada 5 Desember 2015 lalu dalam bingkai kegiatan Hour of Code yang dilangsungkan pula di sejumlah negara.

Saat itu beberapa pengelola sejumlah komunitas yang berfokus pada pendidikan anak-anak dari kelompok keluarga marjinal yang relatif terpinggirkan secara ekonomi dan sosial di seputar Jabodetabek, berkumpul untuk mengikuti pelatihan untuk membuat game di Gedung Harian Kompas, Jakarta.

Pelatihan serupa di komunitas masing-masing diadakan usai pelatihan perdana itu. Belakangan, sejumlah anak, berkembang kemampuannya dan mampu membuat game secara mandiri dan bahkan mengajari teman-teman mereka.

Aplikasi game bisa diarahkan untuk membantu sejumlah anak yang relatif enggan belajar. Ini bisa dilakukan dengan membuat game bertema mata pelajaran tertentu guna untuk mengatasinya.

Sejumlah mata pelajaran yang dianggap sulit dan relatif enggan dipelajari, bisa berubah jadi permainan yang menyenangkan karena diselesaikan sembari bermain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.