Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini, Sendratari Roro Jonggrang Perdana Dipercantik "Video Mapping"

Kompas.com - 10/10/2016, 16:25 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, pada Senin (10/10/2016) malam nanti, pagelaran Sendratari Roro Jonggrang di Candi Prambanan akan ditampilkan dengan tambahan tayangan video mapping untuk mendukung jalannya cerita.

Latar belakang panggung sendratari akan dihiasi dengan video-video yang ditampilkan di layar besar. Selain itu, Candi Prambanan sendiri juga akan dihiasi dengan video mapping yang dijanjikan menarik.

Hal ini bisa terwujud dengan bantuan 15 proyektor layar lebar yang disediakan oleh Epson, serta rancangan video mapping yang dibuat oleh studio Sembilan Matahari.

"Mengapa kami memilih Candi Prambanan, karena ini menantang, bagian dari peninggalan budaya, dan belum pernah dilakukan sebelumnya," ujar Head of Marcom & Public Relations Epson Indonesia Nolly Dhanurendra kepada KompasTekno di sela peluncuran proyektor laser 3LCD, Senin.

Studio Sembilan Matahari sendiri digandeng Epson karena mereka dinilai telah berpengalaman menangani konten video mapping. Sebelumnya, studio yang sama telah membuat pertunjukan video mapping di Museum Gajah di Jakarta, Gedung Merdeka Bandung, dan Benteng Kuto Besar di Palembang.

Video mapping sendiri adalah teknik menampilkan gambar visual (video) di atas benda atau bangunan yang menjadi obyeknya. Di Candi Prambanan, obyek yang menjadi "kanvas" video mapping adalah lantai panggung, latar belakang panggung, serta ketiga candi utama Prambanan.

Untuk video mapping di Candi Prambanan sendiri, tantangan yang dihadapi menurut Nolly adalah permukaan candi yang tidak rata, serta jenis permukaan yang cenderung gelap jika dibandingkan dengan obyek-obyek video mapping sebelumnya.

"Cuaca dan angin juga menjadi kendala karena berpengaruh terhadap alignment dan blending (menyambungkan gambar)," kata Nolly.

Video mapping Sendratari Roro Jonggrang dan Candi Prambanan ini telah disiapkan selama satu bulan sebelumnya oleh Epson Indonesia dan Sembilan Matahari. Seperti apa sajian video mapping ini? KompasTekno akan melaporkannya langsung dari lokasi acara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com