Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tombol "Home" Galaxy S8 Bakal seperti iPhone 7?

Kompas.com - 11/10/2016, 08:21 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung disebut-sebut memiliki rancangan baru untuk Galaxy Note 8. Dalam rancangan baru ini, raksasa elektronik Korea Selata tersebut akan menghapus tombol Home fisik.

Langkah Samsung mirip dengan Apple yang mengahapus tombol Home fisik pada iPhone 7. Namun hingga saat ini belum jelas tombol seperti apakah yang akan disematkan sebagai pengganti tombol Home di Samsung Galaxy S8.

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (11/10/2016), menyebutkan bahwa ada dua kemungkinan tombol pengganti.

Pertama, Samsung mempertimbangkan tombol pengganti berupa panel sentuh yang tak bisa diklik, dan di dalamnya berisi alat pemindai sidik jari. Singkatnya, bentuk tombol Home ini mirip dengan yang terdapat di iPhone 7.

Baca: Mengapa iPhone 7 Tak Punya Jack Audio dan Tombol “Home”?

Kedua, ada juga kemungkinan Samsung benar-benar menghilangkan tombol fisik yang ada di bagian depan layar. Tujuannya agar seluruh permukaan depan Galaxy S8 berisi layar, tanpa gangguan tombol.

Bila kemungkinan kedua yang terwujud, maka bisa saja Samsung menyematkan tombol Home serta navigasi lain sebagai tombol virtual yang muncul di layar. Sedangkan pemindai sidik jari akan dipindahkan ke tempat khusus, terpisah dari tombol Home.

Selain soal tombol Home, bocoran yang ada juga menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S8 bakal memiliki kamera utama berlensa ganda. Otak pemrosesan ponsel akan memakai chipset Samsung Exynos 8895 dan Qualcomm Snapdragon 830. Masing-masing chip dibagi kinerjanya menjadi 50 banding 50.

Sejauh ini baru bocoran soal spesifikasi saja yang terungkap. Belum jelas kapan Samsung akan mulai menjual Galaxy S8. Tapi ada kemungkinan perusahaan bakal merilisnya pada Februari 2017 dan mulai menjualnya pada Maret 2017.

Sekadar diketahui, sekarang Samsung sedang menangani masalah cacat pada produk Galaxy Note 7 buatannya. Perusahaan memang sudah melakukan penarikan unit yang bermasalah, namun ponsel pengganti yang dinyatakan sudah aman pun masih saja meledak dan terbakar.

Lebih kurang ada 5 laporan yang menyebutkan bahwa Samsung Galaxy Note 7 yang sudah dinyatakan aman ternyata meledak dan terbakar.

Baca: Lima Galaxy Note 7 Versi Aman Terbakar di Amerika

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com