Kompas.com - 11/10/2016, 13:58 WIB
Apple memperkenalkan iPhone 6S dan iPhone 6S Plus di San Francisco, AS pada Rabu (9/9/2015). AppleApple memperkenalkan iPhone 6S dan iPhone 6S Plus di San Francisco, AS pada Rabu (9/9/2015).
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Note 7 bukanlah satu-satunya seri smartphone yang bisa meledak. Belakangan seri iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan iPhone 6S Plus dikabarkan ikut meledak, meski jumlahnya tak semasif Galaxy Note 7.

Apple saat ini dikatakan tengah menginvestigasi kasus ledakan pada lini iPhone 6S Plus.

Salah satu korban ledakan iPhone 6S Plus adalah Yvette Estrada. Menurut kesaksiannya, flagship tersebut meledak pada tengah malam dalam keadaan dicas.

"Saya mendengar suara mendesis, kemudian ada suara ledakan dan api keluar dari layar iPhone 6S Plus," ia menjelaskan.

Baca: iPhone 7 Mendesis saat Loading?

Perangkat itu sangat panas, kata Estrada, hingga turut membakar dua Apple Watch yang terletak di dekatnya. Sebelum sang flagship membakar barang lain, suami Estrada segera menyiram iPhone 6S Plus dengan air.

Insiden ledakan kedua terjadi di ruang kelas. Kali ini iPhone 6S Plus dimiliki seorang siswa. Menurut dia, ponselnya ditaruh di kantong dalam keadaan mati dan tak tercas sama sekali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple belum mengumumkan apa penyebab insiden ledakan tersebut. Apakah ini terkait dengan isu baterai, sama seperti Galaxy Note 7? Belum ada yang bisa memastikan.

Yang jelas, Estrada mengatakan sempat kecewa dengan respons Apple ketika pertama kali melapor. Ia mengatakan Apple malah menawarinya untuk meng-upgrade ponsel ke iPhone 7 dengan membayar selisih harga.

Selain upgrade ponsel, Apple juga menawari alat cas baru dan ganti rugi atas dua perangkat Watch yang turut rusak. Padahal, Estrada cuma ingin mendapat penjelasan dan jaminan perlindungan sebagai konsumen.

Entah kapan jawaban dari pertanyaan Estrada bisa dijawab Apple secara personal maupun publik. Sebelumnya, pada 2013 lalu, kasus ledakan lini iPhone juga sempat marak. Kala itu sang pembuat onar adalah iPhone 4s. Tapi, lagi-lagi jumlah kasusnya tak sebesar Galaxy Note 7.

Baru-baru ini pembeli iPhone 7 teranyar juga melaporkan kasus aneh. Saat baru membuka perangkat dari kotak kemasan, ponsel yang diterima serta-merta dalam keadaan hangus seperti habis meledak dan terbakar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.