Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Sama, Lebih Baik Beli Google Pixel atau iPhone 7?

Kompas.com - 11/10/2016, 20:25 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google meluncurkan duet smartphone Pixel dan Pixel XL pada pekan lalu, 4 Oktober 2016. Keduanya menjadi ponsel buatan Google pertama yang tak diberi embel-embel merek Nexus.

Agaknya Google ingin memulai strategi baru di industri ponsel. Pixel dan Pixel XL sendiri digadang-gadang sebagai pesaing kuat iPhone 7 dan 7 Plus buatan Apple yang meluncur pada awal September lalu.

Duet Pixel maupun iPhone 7 sama-sama merupakan ponsel premium dengan kisaran harga Rp 8,5 jutaan hingga Rp 11 jutaan. Lantas, dengan bujet tersebut, mana yang lebih layak dibeli?

Baca: Daftar Harga Smartphone Google Pixel dan Pixel XL

Berikut beberapa perbandingan lintas sektor antara Google Pixel dan Apple iPhone 7 varian standar, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (11/10/2016) dari Pocket-lint.

1. Desain

Kedua merek mengusung desain elegan dengan fitur pemindai sidik jari ala ponsel high-end. Model iPhone 7 tampak lebih kecil dan langsing dengan ukuran 4,7 inci, sedangkan Google Pixel berukuran 5 inci.

Untuk ketahanan fisik, iPhone 7 sudah memiliki fitur anti-air bersertifikasi IP67 yang bisa ditenggelamkan ke air berkedalaman 1 meter hingga 30 menit. Sementara itu, Pixel cuma dilindungi anti-air bersertifikasi IP53 yang cuma tahan cipratan.

Apple menghilangkan port audio jack pada lini iPhone teranyarnya, sedangkan Pixel tetap menyematkan jack. Tak ada satupun tombol fisik pada sisi depan Pixel, sementara iPhone 7 masih memiliki satu buah di sisi tengah bawah layar.

Soal berat, iPhone 7 berbobot 138 gram dengan dimensi ketebalan 138,3x67,1x7,1 mm atau lebih langsing dan ringan ketimbang lini Pixel. Ponsel Google tersebut beratnya 143 gram dengan dimensi ketebalan 143,8x69,5x8,6 mm.

Google Pixel hadir dalam tiga varian warna, yakni Quite Black (hitam), Very Silver (perak) dan Really Blue (biru terang). Model ketiga paling laku karena bisa dibilang unik dibandingkan warna ponsel yang beredar di pasaran.

iPhone 7 pun paling banyak diminati dalam balutan warna Jet Black (hitam) karena baru pertama kali disediakan Apple untuk produk ponselnya. Selain itu, ada juga varian Rose Gold (merah muda keemasan), Gold (emas), dan Silver (perak).

2. Tampilan

Pixel punya layar yang lebih besar dengan jenis AMOLED, sedangkan layar iPhone 7 mengandalkan LCD. Keunggulan iPhone 7 adalah memiliki fungsi 3D Touch yang lebih peka terhadap sentuhan pengguna.

Jika ditilik dari jenis tampilannya, AMOLED lebih kaya warna dan tajam. Sementara itu, LCD iPhone 7 dengan kerapatan 326ppi seharusnya menghasilkan warna yang lebih lembut.

3. Kamera

Pixel dan iPhone sama-sama percaya pada sensor kamera berkualitas 12 megapiksel. Meski demikian, bukaan iPhone 7 lebih lebar yakni f/1.8. Bukaan pada kamera Pixel hanya f/2.0. Hal ini mengindikasikan kemampuan kamera iPhone 7 yang lebih mumpuni dalam menghimpun cahaya.

Fitur kamera pada Pixel mencakup phase detection autofocus dan laser detection autofocus untuk pembidikan yang lebih mudah fokus, serta dual-LED. Sementara pada iPhone 7, terdapat optical image stabilisation (ois) yang menjamin gambar tetap bagus meski dibidik di tengah guncangan, serta quad-LED yang lebih mumpuni.

Beranjak ke kamera selfie, sensor Google lebih mumpuni dengan ukuran 8 megpiksel, sementara iPhone 7 hanya 7 megapiksel. Walau begitu, lagi-lagi bukaan iPhone 7 lebih lebar, yakni f/2.2 dibandingkan Pixel yang cuma f/2.4.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com