Rangkaian Foto Hasil Jepretan Kamera Google Pixel

Kompas.com - 12/10/2016, 09:22 WIB
Close-up kamera Google Pixel dari video promosi Google. GoogleClose-up kamera Google Pixel dari video promosi Google.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Duo jagoan baru Google, yaitu Pixel dan Pixel XL digadang-gadang memiliki kemampuan kamera sangat mumpuni. Bahkan perusahaan menyertakan poin penilaian 89 dari DxOMark sebagai pendukung klaim tersebut.

Benarkah sebegitu bagusnya kamera milik Pixel dan Pixel XL?

Sebelum pengguna membeli salah satu dari kedua ponsel tersebut, sekarang lihatlah dulu contoh foto Pixel dan Pixel Xl. Foto-foto ini diunggah ke Google Photos oleh Lead Camera Google, Isaac Reynolds dan bisa dilihat dengan bebas.

Foto-foto karya Isaac, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phandroid, Rabu (12/10/2016), memang seolah terlihat seperti stok foto yang biasa disajikan oleh ThinkStock dan sejenisnya.

Tapi saat mengecek metadata foto tersebut, kelihatan bahwa semuanya dipotret menggunakan duo Pixel.

Dari berbagai foto tersebut dapat disimpulkan bahwa Google Pixel punya kemampuan yang apik untuk mengabadikan gambar dalam situasi kurang cahaya. Foto masih bisa menampilkan detil wajah, meskipun pada bagian yang lebih gelap lagi tidak terlihat detil apapun.

Sayangnya, hasil foto kamera tersebut seringkali terlihat goyang. Misalnya, bisa Anda perhatikan wajah objek pada contoh foto di bawah ini.

Isaac Reynolds Google Pixel; lensa 4,7mm; F2; shutter 1/100 detik; ISO 86

Selain itu, dalam kondisi cahaya melimpah, kamera ponsel Google Pixel bisa mengabadikan momen dengan sangat baik.

Pada contoh di bawah ini, Isaac tampaknya menggunakan fitur blur pada Google Pixel, bukan karena kemampuan lensanya. Blur yang dihasilkan pun terlihat baik, kecuali jejak-jejak pemrosesan yang tertinggal bagian tepi mangkuk.

Selain itu, detil tekstur di bagian highlight masih terlihat cukup jelas. Meski bagian dengan cahaya yang lebih terang, seperti halnya kamera ponsel lain, cenderung kehilangan detil.

Isaac Reynolds Google Pixel; lensa 4,7mm; F2; shutter 1/180 detik; ISO 50

Isaac Reynolds Google Pixel; lensa 4,7mm; F2; shutter 1/2515 detik; ISO 51

Kamera Google Pixel juga bisa dipakai untuk membekukan gerakan. Dengan catatan, objek foto masih bisa terlihat goyang. Contohnya seperti foto pemain skate board di bawah ini.

Isaac Reynolds Google Pixel; lensa 4,7mm; F2; shutter 1/2513 detik; ISO 66
Selain foto tersebut, sebenarnya ada total 107 contoh yang lainnya. Foto tersebut diunggah oleh situs Phandroid dan bisa dilihat melalui tautan ini.

Klik tautan ini jika ingin melihat deretan foto pilihan Isaac yang diunggahnya sebagai contoh jepretan Google Pixel.

Perlu dicatat juga, dari kolom komentar di Pixel User Community, disebutkan bahwa ada beberapa foto yang merupakan hasil pengolahan menggunakan aplikasi VSCO atau Snapseed. Di bawah ini contoh foto Google Pixel yang telah diproses menggunakan dua software tersebut.

Isaac Reynolds Google Pixel; lensa 4,7mm; F2; shutter 1/240 detik; ISO 50 (edit menggunakan VSCO filter A1)

Isaac Reynolds Google Pixel; lensa 4,7mm; F2; shutter 1/226 detik; ISO 50 (edit menggunakan VSCO filter C1)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Phandroid
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X