Fitur Penting di Yahoo Mail Dimatikan, Pengguna Mengeluh

Kompas.com - 12/10/2016, 13:11 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Yahoo dikabarkan menghapus fitur penting di sebuah layanan e-mail, yaitu auto-forward atau mail-forwarding.

Penghapusan fitur tersebut dilakukan setelah pada September lalu terjadi pembobolan data besar-besaran server Yahoo yang memengaruhi sekitar 500.000 akun pengguna.

Khawatir penggunanya berpaling gara-gara datanya bocor, Yahoo mulai mempersulit pengguna yang ingin pindah ke layanan lain. Tepatnya pada awal Oktober 2016, Yahoo mulai mematikan fitur auto-forwarding.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Associated Press, Rabu (12/10/2016), pengguna yang membutuhkan auto-forwarding pun mengeluh.

"Padahal, auto-forwarding merupakan konsep dasar yang sudah selama 15 tahun ini selalu diberikan oleh layanan e-mail mana pun," keluh seorang pengusaha, Brian McIntosh.

Yahoo sendiri menolak bicara mengenai penghapusan fitur auto-forwarding. Saat Associated Press berusaha mengonfirmasi hal tersebut, perusahaan justru menunjukkan halaman bantuan di layanan e-mail mereka.

"Fitur ini (auto-forwarding) masih dalam pengembangan. Selama masa pengembangan, kami mematikan fitur auto-forwarding ke alamat baru," tulis keterangan pada halaman bantuan itu.

"Namun, jika Anda sudah pernah menyalakannya, maka fitur ini tetap bisa dipakai sesuai pengaturan awal Anda," imbuhnya.

Untuk diketahui, fitur auto-forwarding biasa dipakai untuk secara otomatis mengoper surat ke akun e-mail lain.

Contohnya, ketika ada yang mengirim surat ke akun Yahoo milik Anda, maka auto-forwarding akan otomatis meneruskannya ke akun e-mail Gmail. Tujuan dasarnya agar pengguna tidak luput membaca surat penting di e-mail tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.