Ganti "SIM Card" 4G XL Sendiri Tanpa Hilang Pulsa, Begini Caranya

Kompas.com - 12/10/2016, 18:08 WIB
Karyawan XL Axiata memperagakan cara baru upgrade kartu SIM 4G yang bisa dilakukan pelanggan XL sendiri. Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.comKaryawan XL Axiata memperagakan cara baru upgrade kartu SIM 4G yang bisa dilakukan pelanggan XL sendiri.
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini, ada tiga cara yang bisa dilakukan pelanggan XL untuk bermigrasi dari kartu SIM 2G/3G ke uSIM 4G. Masing-masing melalui XL Center, gerai yang bermitra dengan XL, serta layanan 4G Delivery.

Namun, tiga cara itu dianggap masih kurang efektif untuk mengajak pengguna XL beralih ke jaringan internet cepat generasi keempat (4G). Untuk itu, upaya teranyar XL adalah melalui program "Upgrade Kartu uSIM 4G Sendiri".

Program ini dibuat agar pengguna yang akan berganti dari kartu 3G/2G ke kartu 4G, tak perlu ke gerai XL Center untuk melakukan aktivasi, mereka hanya butuh dua langkah. Berikut adalah caranya.

Pertama, dengan kartu SIM 2G/3G yang masih terpasang, tekan kode *123*46# pada ponsel, pelanggan akan mendapat balasan berisi instruksi. Ikuti instruksi tersebut hingga selesai dan lepaskan kartu SIM lama (2G/3G) dari ponsel.

Kedua, masukan kartu SIM baru yang telah mendukung koneksi 4G yang telah dipersiapkan sebelumnya ke slot kartu di ponsel. Anda bisa mendapatkan kartu uSIM 4G yang baru ini dengan membeli paket perdana 4G XL.

Sama seperti sebelumnya, tekan kode *123*46#, dan restart ponsel. Segera setelah ponsel kembali menyala, nomor XL lama, pulsa, dan paket kuota data yang ada di dalam SIM akan berpindah secara otomatis ke uSIM 4G yang baru.

"Sekarang perdana XL yang beredar di pasaran semuanya sudah uSIM (mendukung 4G)," kata Vice President LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono, Rabu (12/10/2016) dalam acara media gathering di Grha XL, Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tapi kan untuk pelanggan lama mungkin masih 2G/3G dan merasa ribet kalau harus ke XL Center hanya untuk ganti ke uSIM. Makanya kami gunakan metode over-the-air seperti ini, semua proses ini cuma butuh waktu sekitar dua menit," imbuhnya.

Rahmadi mengatakan, inisiasi ini secara spesifik ingin memudahkan para pelanggan XL lama yang setia, sejak operator tersebut belum menggelar jaringan 4G. Sementara pengguna baru XL, menurut Rahmadi, secara otomatis pasti sudah menggunakan uSIM 4G.

Diketahui, saat ini XL memiliki 72,500 BTS, di mana 6,600 adala BTS 4G yang telah beroperasi di 88 kota di Indonesia. Saat ini jumlah pelanggan XL secara keseluruhan mencapai 44 juta orang dan pelanggan 4G sekitar 8 juta orang.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.