Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti "SIM Card" 4G XL Sendiri Tanpa Hilang Pulsa, Begini Caranya

Kompas.com - 12/10/2016, 18:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini, ada tiga cara yang bisa dilakukan pelanggan XL untuk bermigrasi dari kartu SIM 2G/3G ke uSIM 4G. Masing-masing melalui XL Center, gerai yang bermitra dengan XL, serta layanan 4G Delivery.

Namun, tiga cara itu dianggap masih kurang efektif untuk mengajak pengguna XL beralih ke jaringan internet cepat generasi keempat (4G). Untuk itu, upaya teranyar XL adalah melalui program "Upgrade Kartu uSIM 4G Sendiri".

Program ini dibuat agar pengguna yang akan berganti dari kartu 3G/2G ke kartu 4G, tak perlu ke gerai XL Center untuk melakukan aktivasi, mereka hanya butuh dua langkah. Berikut adalah caranya.

Pertama, dengan kartu SIM 2G/3G yang masih terpasang, tekan kode *123*46# pada ponsel, pelanggan akan mendapat balasan berisi instruksi. Ikuti instruksi tersebut hingga selesai dan lepaskan kartu SIM lama (2G/3G) dari ponsel.

Kedua, masukan kartu SIM baru yang telah mendukung koneksi 4G yang telah dipersiapkan sebelumnya ke slot kartu di ponsel. Anda bisa mendapatkan kartu uSIM 4G yang baru ini dengan membeli paket perdana 4G XL.

Sama seperti sebelumnya, tekan kode *123*46#, dan restart ponsel. Segera setelah ponsel kembali menyala, nomor XL lama, pulsa, dan paket kuota data yang ada di dalam SIM akan berpindah secara otomatis ke uSIM 4G yang baru.

"Sekarang perdana XL yang beredar di pasaran semuanya sudah uSIM (mendukung 4G)," kata Vice President LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono, Rabu (12/10/2016) dalam acara media gathering di Grha XL, Jakarta.

"Tapi kan untuk pelanggan lama mungkin masih 2G/3G dan merasa ribet kalau harus ke XL Center hanya untuk ganti ke uSIM. Makanya kami gunakan metode over-the-air seperti ini, semua proses ini cuma butuh waktu sekitar dua menit," imbuhnya.

Rahmadi mengatakan, inisiasi ini secara spesifik ingin memudahkan para pelanggan XL lama yang setia, sejak operator tersebut belum menggelar jaringan 4G. Sementara pengguna baru XL, menurut Rahmadi, secara otomatis pasti sudah menggunakan uSIM 4G.

Diketahui, saat ini XL memiliki 72,500 BTS, di mana 6,600 adala BTS 4G yang telah beroperasi di 88 kota di Indonesia. Saat ini jumlah pelanggan XL secara keseluruhan mencapai 44 juta orang dan pelanggan 4G sekitar 8 juta orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com