Rahasia Bikin "Klepek-Klepek" Pasangan Kencan "Online"

Kompas.com - 12/10/2016, 18:32 WIB
Pasangan sedang selfie gpointstudio/thinkstockPasangan sedang selfie
|
EditorLatief

Kompas.com - Ridho akhir-akhir ini sering tak bisa tidur memikirkan statusnya yang masih jomblo. Mencari dan minta dicarikan jodoh sudah dia lakukan.

Tekanan keluarga agar lelaki berusia 27 tahun ini segera menikah pun belakangan makin terasa. Bergema di kepalanya, apa lagi yang bisa dia lakukan untuk mendapatkan dambaan hati?

Cerita di atas jamak menimpa orang-orang berusia di atas 25 tahun yang belum kunjung mendapat jodoh. Kegalauan makin tinggi ketika teman-teman seusia menikah satu per satu.

Kenapa tak melirik media sosial? Inilah wadah baru yang bisa dijajal saat teknologi sudah jadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari. Coba saja situs kencan online.

Jangan takut bertemu calon pasangan tidak serius dan hanya berniat main-main. Paling tidak, survei dari Pew Research Center pada 2013 menyebutkan, 23 persen pengguna situs kencan online memang berniat mencari hubungan serius, bukan sekadar kencan biasa.

Karena itu, para pencari jodoh di situs online ini seharusnya lebih cermat memastikan tampilan dan kualitas profil yang ditayangkan. Apa saja yang harus dipastikan?
 
Perhatikan deskripsi diri

Sebisa mungkin gunakan nama asli di profil situs kencan online. Apabila sudah ada nama yang sama, bisa tambahkan tanggal lahir di belakang nama sebagai pembeda. Sebaiknya, nama akun juga disamakan dengan media sosial lainnya agar mudah dicari oleh pencari pasangan.

AndreyPopov/thinkstock Perhatikan profil calon pasangan di situs kencan online
 
Selain itu, sebaiknya tidak perlu menuliskan gelar di nama akun. Kalaupun ingin mencantumkan, pilih satu gelar saja agar orang lain tidak merasa rendah diri ketika ingin mengontak Anda.

Begitu juga dengan penulisan deskripsi diri. Pastikan tidak dibuat-buat, usahakan menulis dengan jujur apa adanya. Kejujuran sebaiknya dimulai dari akun sendiri agar mendapat calon pasangan yang sama-sama jujur.

Selain itu, hindari deskripsi yang terkesan menyombongkan diri. Penelitian Communication Monographs pada 2016 menunjukkan peserta kencan online sulit mendapat pasangan ketika profilnya berkesan sombong.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X