Google Caplok FameBit, YouTuber Makin Mudah Di-"endorse"

Kompas.com - 13/10/2016, 12:32 WIB
FameBit FameBitFameBit
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Awal pekan ini Google mencaplok layanan marketplace khusus influencer, FameBit. Rencananya, Google bakal menggunakan teknologi FameBit untuk mempermudah koneksi antara kreator YouTube alias YouTuber dengan brand.

Nilai akuisisi Google terhadap FameBit belum diumbar. Yang jelas, inisiasi ini untuk membantu para YouTuber memonetisasi pengaruh yang dimiliki via internet. Ujung-ujungnya, hal ini akan berimbas pada pendapatan YouTube sebagai platform konten video.

"Kami percaya bahwa hubungan Google dengan brand, kemitraan Google dengan YouTuber, serta teknologi FameBit, bakal meningkatkan jumlah konten brand sehingga mendorong perputaran uang melalui video online," kata Vice President of Product Management Google, Ariel Bardin.

FameBit sendiri merupakan marketplace khusus bagi para influencer, yakni orang-orang terkenal di ranah maya, seperti seleb Instagram, seleb Twitter, YouTuber, dan lainnya.

Baca: Selebgram, Kaskuser, dan Penjual di Facebook Bakal Dikenai Pajak

Melalui FameBit, para brand bisa menentukan influencer seperti apa yang cocok untuk mempromosikan produk dan jasanya di internet. Intinya, FameBit bak manajemen artis tapi khusus bagi mereka yang terkenal via platform online.

Menurut Google, kerja sama dengan FameBit bakal membuat pemasaran brand via YouTube semakin meluas alias mainstream, sebagaimana dilaporkan KompasTekno, Kamis (13/10/2016) dari VentureBeat.

Hal ini dianggap sebagai win-win solution, sebab YouTuber akan lebih mudah di-endorse, brand lebih mudah berpromosi, dan YouTube sebagai wadahnya juga bisa meraup untung.

Ke depan, Google menggarisbawahi bahwa FameBit akan tetap beroperasi seperti sedia kala sebagai layanan yang berdiri sendiri. Satu-satunya intervensi Google cuma untuk memanfaatkan teknologi platform FameBit di YouTube.

Co-founder FameBit, Kozera dan David Kierzkowski berharap, pihaknya bisa mengoneksikan lebih banyak brand dengan kreator, memperkuat koneksi dengan audiens, serta membuat pemasaran brand lebih kreatif, dengan adanya kemitraan bersama Google.

Saat ini, FameBit mengklaim layanannya telah menampung 11.330 brand dan 45.595 kreator untuk saling terhubung. Sebelumnya, pada 2014, FameBit telah mendapat pendanaan sebesar 1,5 juta dollar AS atau setara Rp 19 miliar dari kolaborasi kapital ventura.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X