Diuji, Internet 4.5G XL Tembus 300 Mbps

Kompas.com - 13/10/2016, 15:44 WIB
Vice President LTE XL, Rahmadi Mulyohartono, Rabu (13/10/2016) Fatimah Kartini Bohang/kompas.comVice President LTE XL, Rahmadi Mulyohartono, Rabu (13/10/2016)
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - XL mulai menguji coba jaringan internet 4.5G yang kecepatan unduhnya diklaim bisa mencapai 300 Mbps. Kecepatan itu dua kali lipat dibandingkan jaringan 4G LTE XL yang secara teori bisa sampai 150 Mbps.

Pembangunan jaringan 4.5G sendiri sudah dimulai sejak Juni lalu dan direncanakan rampung per November 2016.

Vice President LTE XL, Rahmadi Mulyohartono mengatakan, implementasi jaringan 4.5G merupakan komitmen XL untuk memenuhi imbauan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara.

Menurut dia, menteri mengimbau semua operator untuk menyiapkan teknologi 4.5G dalam rangka menyambut Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan. Karenanya, persiapannya harus digenjot dari sekarang.

"Kalau saat ini kami uji coba masih di empat wilayah. Tahun depan baru mulai di Palembang dan beberapa kota lain supaya 2018 sudah ready untuk Asian Games," ia menjelaskan, Rabu (12/8/2016) dalam acara media gathering di Grha XL, Jakarta.

Adapun empat wilayah uji coba pertama yang dimaksud meliputi Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. XL belum mengumbar tanggal pasti komersialisasi jaringan 4.5G di empat kota tersebut.

"Pokoknya November sudah selesai pembangunannya. Nanti mungkin 2017 bisa mulai komersil sambil ekspansi ke kota-kota lain," kata dia. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menggunakan 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive.

Secara teknis, jaringan 4.5G itu dimungkinkan teknologi kombinasi multi-signal 4T4R MIMO. Ada empat sinyal transmit dan empat sinyal receive untuk menghantarkan jaringan data internet.

Selama ini, pada 4G LTE, proses pengiriman dan penerimaan jaringan cuma menggunakan 2T2R alias dua transmitter dan dua receiver. Nah, karena sinyal penghantarnya ditambah masing-masing dua, kecepatan 4G pun bisa meningkat dua kali lipat sehingga disebut 4.5G.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.