Kompas.com - 14/10/2016, 11:48 WIB
Ponsel Galaxy Note 7 versi baru milik Daniel Franks yang dilaporkan terbakar. Daniel FranksPonsel Galaxy Note 7 versi baru milik Daniel Franks yang dilaporkan terbakar.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Minggu ini, Samsung resmi menarik kembali ponsel Galaxy Note 7 versi baru yang ternyata masih rawan terbakar. Komisi Kemanan Produk Konsumen Amerika Serikat (CPSC) pun mengeluarkan seruan recall bagi para pemilik perangkat tersebut.

Jumlah Galaxy Note 7 yang mengalami overheating di Negeri Paman Sam terhitung banyak, hampir mencapai 100 kejadian.

Laporan CPSC yang dirangkum KompasTekno dari Pocket Lint, Jumat (14/10/2016) mencatat bahwa telah terjadi 96 kasus Galaxy Note 7 terbakar. Sebanyak 23 kasus di antaranya terjadi setelah recall pertama pada 15 September lalu.

Selain itu, Samsung turut menerima 13 laporan luka bakar dan 47 laporan kerusakan properti yang terkait dengan masalah overheating Galaxy Note 7.

Jumlah Galaxy Note 7 yang ditarik kembali di AS saja mencapai 1,9 juta unit. Sebanyak 1 juta unit merupakan produk awal yang seharusnya dikembalikan dalam recall pertama. Sementara, 900.000-an unit sisanya merupakan versi baru yang ditarik dalam recall kedua.

Samsung meminta agar para pemilik Galaxy Note 7 mematikan dan tak lagi menggunakan perangkat tersebut, lalu segera mengembalikannya ke toko atau pusat recall.

Sebagai kompensasi kerepotan yang ditimbulkan, Samsung menyiapkan tambahan uang senilai 25 dollar AS bagi pemilik Galaxy Note 7 yang ingin melakukan refund pembelian dan ingin berganti ke produk buatan vendor lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila pemilik Galaxy Note 7 memilih untuk menukar ponselnya dengan smartphone model lain buatan Samsung, nilai kompensasi dinaikkan menjadi 100 dollar AS sebagai “apresiasi atas kesabaran dan loyalitas”. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.