Cara Bersihkan Facebook dari “Ribut-ribut” Pilkada dan Sejenisnya

Kompas.com - 14/10/2016, 15:24 WIB
Ilustrasi fitur keamanan di Facebook Messenger FacebookIlustrasi fitur keamanan di Facebook Messenger
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 makin beragam saja status, informasi, dukungan dan hujatan bernuansa politik yang disebarkan ke linimasa Facebook.

Malangnya, adakalanya informasi politis itu malah membanjir di linimasa Anda. Bila tak sengaja meng-klik, maka linimasa berita akan langsung dengan menghadirkan berbagai tautan senada.

Adakalanya hal seperti itu membuat gemas. Apalagi sebagian orang yang menganggap Facebook sekadar wadah membina silaturahmi dan komunikasi dengan kawan yang sukar ditemui, bukan wadah menyebarkan atau mencari informasi bernuansa politik dan sejenisnya.
 
Tapi tenang saja. Masih ada solusi yang bisa ditempuh untuk membuat linimasa Anda bersih dari berbagai hal terkait urusan Pilkada 2017, politik, atau konten-konten mengganggu sejenisnya.

KompasTekno, pada Jumat (14/10/2016) menjajal tiga hal berikut ini sebagai solusi. Anda juga bisa ikut mencobanya.

1. Gunakan Social Fixer

Browser Google Chrome memiliki toko berisi ekstensi untuk dipasang ke perambannya. Dari sekian banyak ekstensi yang ditawarkan, carilah Social Fixer. Ini berguna untuk menyaring konten-konten tertentu sesuai dengan kata kunci yang diinginkan pengguna.

Pertama, klik tautan berikut ini untuk memasangnya di peramban Chrome. Bila Anda menggunakan browser Firefox, Safari atau lainnya, klik tautan berikut ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

screenshot Social Fixer di toko aplikasi Chrome
Setelah mengunduh dan memasang Social Fixer, masuklah ke akun Facebook Anda seperti biasanya. Perhatikan sudut kanan atas, Anda akan menemukan ikon “kunci Inggris” yang menunjukkan menu pengaturan untuk Social Fixer.

Klik ikon tersebut dan masuk ke Social Fixer Option. Di dalamnya ada pilih “Filters” dan cukup buat penyaring dengan kriteria baru atau modifikasi dari kriteria Elections/Politics 2016 yang sudah ada di kolom pilihan.

Kriteria Elections/Politics 2016 sebenarnya dirancang untuk menyaring berbagai hal terkait pemilihan presiden Amerika Serikat. Tapi Anda bisa memodifikasinya. Klik ikon “+” lalu pilih ikon pensil pada kriteria penyaringan yang baru saja ditambahkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X