Kompas.com - 14/10/2016, 16:57 WIB
Trend LIZZZFRASERTrend "selfie" juga melanda kaum pria
|
EditorLatief


KOMPAS.com
Selfie rupanya tak hanya sebagai ajang narsis atau gaya-gayaan di media sosial. Belakangan, kegiatan memotret diri sendiri ini juga dimanfaatkan kalangan kedokteran untuk mendeteksi dan bahkan menyembuhkan penyakit.

Seperti dilansir dailymail.co.uk, Sabtu (2/8/2014), misalnya, Jarrel Seah dan Jennifer Tang, menggunakan selfie sebagai basis aplikasi Eyenameia buatannya.

Aplikasi besutan kedua mahasiswa kedokteran di Melbourne's Monash University tersebut dapat mendeteksi seseorang menderita anemia atau tidak hanya dari hasil selfie mata. Tak perlu lagi harus cek darah untuk deteksi awal penyakit ini.

Dalam situs web tersebut, Seah dan Tang mengaku punya ide membuat aplikasi tersebut saat bertugas di kawasan pedesaan di Midura, Victoria, Australia.

"Kami melihat penyakit anemia menjadi masalah umum penduduk di daerah itu. Namun, karena tinggal di daerah terpencil, mereka harus melakukan perjalanan berjam-jam jika hendak melakukan tes darah," kata Tang.

dailymail.co.uk Aplikasi Eyenameia dapat mendeteksi penyakit anemia lewat hasil foto selfie mata seseorang

Dengan Eyenameia, lanjut Tang, penduduk cukup mengirimkan foto selfie matanya ke dokter spesialis. Dari foto itu, dokter akan mengidentifikasi risiko anemia dengan melihat kondisi konjungtiva--permukaan dalam kelopak mata.

"Kami percaya aplikasi ini akan mengubah cara pengobatan pada masa depan," ujar Tang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak cuma anemia, potret diri diyakini bisa pula mendeteksi dan jadi jalan mendapatkan pengobatan untuk penyakit kulit eksim di wajah.

Menurut hasil riset yang dimuat dailymail.co.uk, Rabu (29/10/2014), penderita penyakit ini juga cukup mengirimkan foto selfie wajahnya ke dokter kulit untuk mendapatkan diagnosis, analisis, dan pengobatan.

Riset tersebut melibatkan 156 anak-anak dan orang dewasa yang menderita eksim. Selama satu tahun, peneliti mengamati proses penyembuhan kulit wajah mereka berdasarkan foto-foto selfie yang dikirimkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.