Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Note 7 Meledak karena Baterai Terlalu Besar?

Kompas.com - 15/10/2016, 19:19 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Samsung akhirnya resmi menghentikan peredaran Samsung Galaxy Note 7 akibat sejumlah kasus ledakan baterai. Namun, hingga kini, penyebab ledakan baterai tersebut masih misterius.

Pada Galaxy Note 7 pra recall, Samsung menggunakan baterai buatan anak usahanya sendiri, yaitu Samsung SDI Co. Sedangkan pasca recall, Galaxy Note 7 menggunakan baterai buatan perusahaan China Amperex Technologies Ltd.

Para penyelidik kasus ini meyakini bahwa ledakan dan kebakaran yang terjadi disebabkan cacat pada baterai ponsel. Namun, kasus pertama dan kedua memiliki akar permasalahan yang berbeda.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Bloomberg, Sabtu (15/10/2016), Departemen Perlindungan Konsumen Amerika Serikat menyatakan bahwa baterai buatan SDI, yang digunakan pada Galaxy Note 7 pra recall, ukurannya cenderung terlalu besar dan sedikit tertekan saat dimasukkan ke dalam ponsel.

Karena ukuran yang kebesaran itu, sudut-sudut baterai jadi rusak saat dipasang ke dalam wadahnya di ponsel. Efeknya, terjadilah korsleting yang berujung ledakan atau kebakaran Galaxy Note 7.

Setelah memutuskan recall terhadap seluruh unit Galaxy Note 7, Samsung mendistribusikan unit baru. Kali ini menggunakan baterai buatan Amperex yang diyakini aman dan tidak akan meledak.

Sayangnya, di sini kembali terjadi masalah serupa. Sejumlah pengguna melaporkan baterai Galaxy Note 7 pasca recall meledak dan terbakar dengan sendirinya.

Hasil investigasi terhadap kasus kedua ini masih belum jelas. Namun, sebagai dugaan awal, para penyelidik menemukan bukti lain. Menurut mereka, ledakan dan kebakaran pada baterai buatan Amperex disebabkan oleh cacat yang lain.

Amperex belum memberikan jawaban apa pun terkait masalah baterai buatan mereka. Sedangkan Samsung sendiri tak membenarkan atau menyalahkan dugaan tersebut.

“Penyelidikan yang mendalam butuh waktu panjang. Sekarang masih terlalu dini untuk berspekulasi mengenai hasil penyelidikan yang masih berlangsung,” tulis Samsung dalam surat pernyataan resmi perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com