Kompas.com - 16/10/2016, 09:11 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Sebulan lalu, Yahoo menghapus sebuah fitur penting dalam layanan e-mail mereka. Fitur yang dimaksud adalah auto-forwarding yang berfungsi meneruskan e-mail yang masuk ke akun Yahoo ke alamat e-mail lain.

Namun, perusahaan yang sedang mengalami krisis itu sudah kembali menyalakan fitur auto-forwarding. Pengguna pun bisa memakainya lagi mulai Jumat (14/10/2016) lalu.

“Kenapa tiba-tiba dihentikan? Selama beberapa tahun belakangan Yahoo Mail sedang memperbarui platform,” terang Vice President of Yahoo Mail Product Management, Michael Albers, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Business Insider, Minggu (16/10/2016).

“Pembaruan ini membuat kami bisa memberikan pengalaman yang lebih baik saat pengguna memakai Yahoo Mail, menambahkan dukungan multi-akun, serta meningkatkan kinerja. Kami mematikan fitur itu (auto-forwarding) sebagai bagian dari proses ini,” ujarnya memberi alasan.

Sebelumnya, pada September lalu Yahoo, mengalami pembobolan data besar-besaran yang memengaruhi sekitar 500 juta akun pengguna. Beberapa pekan pasca-kasus itu, Yahoo justru mematikan fitur auto-forwarding.

Penghapusan itu diketahui karena sejumlah pengguna mengeluh karena tiba-tiba tidak dapat mengakses fitur auto-forwarding di akun Yahoo mereka. Padahal, itu merupakan fitur dasar yang biasa dipakai agar e-mail yang masuk ke akun Yahoo juga bisa otomatis dikirimkan ke akun lain.

Akibatnya, muncul dugaan yang menyebutkan bahwa Yahoo melakukannya dengan sengaja demi mencegah para pengguna lari ke layanan e-mail lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.