Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bikin Penghemat Kuota Internet di Messenger

Kompas.com - 17/10/2016, 11:07 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Facebook mulai menguji fitur Data Saver atau penghemat kuota internet khusus untuk aplikasi Messenger. Artinya, saat fitur ini menyala maka berbagai konten dan obrolan akan mengonsumsi lebih sedikit data.

Fitur Data Saver ini terletak di menu pengaturan aplikasi. Pengguna tinggal menyalakannya saja agar bisa mulai menghemat kuota internet.

Setelah dinyalakan, maka video yang dikirimkan oleh lawan bicara dalam Facebook Messenger tidak akan langsung diunduh, melainkan ditampilkan sebagai gambar pra-tinjau. Hal serupa juda diterapkan saat lawan bicara mengirimkan foto.

Pengguna cukup klik gambar tersebut jika ingin melihat dan mengunduh video atau foto tersebut.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Police, Senin (17/10/2016), metode tersebut hanya terjadi saat pengguna terhubung ke Facebook Messenger menggunakan koneksi internet mobile. Namun saat aplikasi terhubung melalui WiFi, maka semua konten foto atau video yang diterima pengguna akan langsung diunduh secara otomatis.

Dalam fitur ini juga terdapat perhitungan untuk menunjukkan seberapa besar penghematan data yang sudah terjadi. Perhitungan ini bisa direset kapan pun sesuai keinginan.

Sementara waktu ini, publik belum bisa menikmati Data Saver untuk Facebook Messenger. Pasalnya perusahaan masih melakukan uji coba di aplikasi Android-nya. Belum diketahui waktu perilisan resmi fitur tersebut.

Tapi jika Anda sangat penasaran dengan fitur Data Saver, Anda bisa klik tautan ini untuk mengunduh Facebook Messenger versi beta untuk menjajalnya.

Sekadar diketahui, fitur Data Server sebenarnya bukan hal baru. Beberapa waktu lalu, Google telah menambahkannya ke dalam sistem operasi Android. Kemudian Facebook juga menyusul langkah itu dengan menambahkannya ke dalam aplikasi iOS dan Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.