Bocoran Spesifikasi BlackBerry Mercury, Android dengan "Keyboard" Fisik

Kompas.com - 18/10/2016, 07:24 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Ponsel BlackBerry ketiga yang berjalan pada sistem operasi Android agaknya sedang dipersiapkan. Memiliki kode nama "BBB100-1", spesifikasi perangkat itu muncul pada situs pengujian Geekbench.

BlackBerry Android tersebut digadang-gadang mengusung nama "Mercury" ketika diluncurkan ke pasaran, sebagaimana dilaporkan AndroidPure dan dihimpun KompasTekno, Selasa (18/10/2016).

Sebelumnya, rumor soal kehadiran Mercury sudah menjadi desas-desus sejak pertengahan tahun ini. Mercury disebut menjadi Android BlackBerry yang tetap mempertahankan desain keyboard fisik.

Baca: BlackBerry Belum Lupakan Ponsel dengan Keyboard Fisik

Dari hasil pengujian, BlackBerry Mercury mendapat skor 913 untuk pengujian performa single-core dan 5047 untuk multi-core. Kinerja dengan skor seperti itu menempatkan BlackBerry Mercury pada kelompok ponsel kelas menengah.

Ponsel itu dikatakan menggunakan prosesor delapan inti (octa-core) buatan Qualcomm dengan kecepatan 2.02 GHz. Menurut perkiraan, jenis prosesor yang dimaksud tak lain adalah Snapdragon 625.

Sementara itu, untuk grafis, BlackBerry Android ketiga digadang-gadang mengandalkan Adreno 506. Spesifikasi itu terhitung standar untuk ponsel Android masa kini.

Informasi lain soal BlackBerry Mercury yang terhimpun di situs Geekbench adalah sistem operasi Android 7.0 dan RAM berkapasitas 3 GB.  Belum jelas apakah bocoran hasil pengujian tersebut akurat atau tidak.

Diketahui, sebelum ini, BlackBerry sudah dua kali membuat ponsel Android. Pertama bernama Android Priv, lalu kedua dinamai Android DTEK50 yang baru meluncur pertengahan tahun ini.

DTEK50 merupakan hasil kolaborasi BlackBerry dengan perusahaan China, TCL. Perangkat itu tak lain adalah rebrand dari ponsel Alcatel Idol 4 buatan TCL.

Baru-baru ini BlackBerry juga mengumumkan kerja sama dengan perusahaan Indonesia dalam mendirikan PT BB Merah Putih. Perusahaan patungan itu yang bakal memproduksi handset Android di Tanah Air.

Baca: Alasan BlackBerry Bangun Pabrik Ponsel Android di Indonesia

Belum jelas apakah Mercury merupakan ponsel BlackBerry pertama yang dirakit di Indonesia atau tidak. BlackBerry belum berkomentar soal bocoran Mercury yang beredar di ranah maya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.