Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Satelit Bakal Potret Bumi Setiap Hari

Kompas.com - 18/10/2016, 08:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Axelspace, perusahaan asal Jepang yang bergerak di bidang konstruksi satelit, berangan-angan ingin memberikan aneka data dari wahana antariksa yang bisa diakses oleh siapa pun melalui Application Programming Interface (API).

Sebuah program khusus bernama AxelGlobe pun digelar. Progam ini bertujuan membangun jaringan berisi 50 satelit berkamera yang bakal memantau permukaan bumi dari angkasa secara konstan setiap hari.

Foto-foto hasil jepretan ke-50 satelit yang mengorbit Bumi ini bisa diakses oleh semua orang dan digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti mengamati perubahan di suatu daerah atau memantau pertumbuhan tanaman pangan.

Developer software bisa mengembangkan aplikasi dengan basis API Axelspace untuk menarik data dari satelit.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Selasa (18/10/2016), Axelspace menargetkan AxelGlobe bakal siap digelar dalam 6 tahun ke depan, pada 2022.

Bagaimana dengan persoalan privasi dari puluhan satelit yang memotret permukaan Bumi setiap hari?

CEO Axelspace Yuya Nakmura mengatakan pihaknya sengaja memakai kamera beresolusi rendah di satelitnya supaya orang-orang yang terpotret tidak bisa dikenali.

Meski demikian, data tentang obyek lainnya seperti tanaman pangan tadi masih bisa diamati dan dimanfaatkan.

Satelit-satelit dalam program AxelGlobe dibuat agar mengorbit Bumi dalam waktu hanya 25 hingga 30 tahun. Setelah itu, mereka akan kembali ke atmosfir Bumi secara otomatis supaya tak mengambang di orbit sebagai sampah angkasa.

Ilustrasi mengenai program ini bisa dilihat dalam tayangan di bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com