Kompas.com - 18/10/2016, 10:32 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

HONG KONG, KOMPAS.com - Smartphone Android flagship killer OnePlus 3 yang mengusung RAM 6 GB sudah dipastikan tidak akan dijual secara resmi di Indonesia, seiring dengan keputusan OnePlus hengkang dari pasar Indonesia.

Namun, Co-founder sekaligus CEO OnePlus, Pete Lau bicara tentang kemungkinan OnePlus kembali ke pasar Indonesia, sehingga bisa memasarkan OnePlus 3 di Tanah Air.

Ditemui pada acara Qualcomm 4G/5G Summit di Hong Kong, Senin (17/10/2916), Pete menyatakan bahwa regulasi soal tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 30 persen untuk ponsel 4G LTE yang dipasarkan di Indonesia bukan satu-satunya alasan bagi OnePlus untuk menghindari pasar di Indonesia.

Baca: Mengapa OnePlus Hentikan Penjualan Smartphone di Indonesia?

Menurut Pete, aturan itu bukan masalah besar bagi OnePlus. Masalahnya justru pada kecilnya angka penjualan di Tanah Air.

"Sangat sulit bagi kami untuk mendapatkan pasar yang lebih besar di Indonesia," ujarnya.

"Indonesia sebetulnya punya pasar besar untuk smartphone, tetapi untuk ponsel flagship kami masih sangat kecil," imbuh Pete.

Karena kecilnya penjualan tersebut, OnePlus belum dapat memberikan layanan purnajual di Indonesia. Sebagai startup baru, OnePlus masih perlu menggenjot produksi dan menurunkan harga. Untuk saat ini, OnePlus masih mengincar India dan Eropa sebagai target pemasaran via online.

Akankah OnePlus akan kembali melirik Indonesia? Menjawab pertanyaan ini, Pete menyatakan siap menjual Android flagship killer-nya di Tanah Air, asalkan peluang pasarnya menjanjikan.

"Soal kapan (kembali ke Indonesia), belum bisa dipastikan," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.