Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Ada Go-Jek dan BBM di Tizen Samsung Z2

Kompas.com - 19/10/2016, 17:26 WIB

KOMPAS.com - Samsung baru saja merilis smartphone Tizen pertamanya di Indonesia, yakni seri Z2. Namun sebagai sistem operasi baru, aplikasi yang dimiliki OS Tizen belum selengkap Android.

Memang aplikasi-aplikasi yang familiar di Android sebagian besar juga tersedia di Tizen, seperti WhatsApp, Line, Facebook, dan Instagram.

Namun, aplikasi-aplikasi yang membumi seperti aplikasi ride-sharing Go-Jek, Grab, dan Uber, dan aplikasi chatting BlackBerry Messenger (BBM) yang populer di Indonesia belum tersedia di toko aplikasi Tizen Store.

Bagaimana cara Samsung mengakalinya? Untuk mendukung ekosistem Tizen, Samsung gencar menggandeng developer lokal untuk membuat aplikasi berbasis Tizen.

"Salah satunya dengan mengadakan kompetisi Indonesia Next App 3.0 pada Juli lalu," kata Presiden Samsung Electronics Indonesia, Jaehoon Kwon di sela peluncuran Z2, Rabu (19/10/2016).

Dalam kompetisi ini, pengembang aplikasi ditantang untuk membuat aplikasi di tiga kategori platform, yakni Tizen Smartphone, Wearable/Gears Apps dan Gear VR Content.

Bisa jadi jika ke depannya aplikasi Tizen sudah memiliki basis pengguna yang banyak, aplikasi-aplikasi populer seperti Go-Jek, Grab, Uber, BlackBerry Messenger (BBM) juga akan dibuat di platform Tizen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com