Oppo R9s dan R9s Plus Resmi Dirilis, Harganya?

Kompas.com - 20/10/2016, 08:32 WIB
Oppo R9s. OppoOppo R9s.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan duet Android R9s dan R9s Plus di Beijing, China. Keduanya merupakan suksesor dari seri R9 dan R9 Plus keluaran Maret 2016 lalu.

Sesuai bocoran yang beredar sebelumnya, baik R9s dan R9s Plus masing-masing dibekali kamera dengan sensor resolusi 16 megapiksel untuk kamera utama (belakang) dan kamera depan (selfie). Bukaan lensanya pun cukup lebar, yakni f/1.7 (belakang) dan F/2.0 (depan).

Teknologi-teknologi lain disematkan untuk menambah kualitas kamera R9s dan R9s Plus, seperti optical image stabilization (OIS), perekaman video 4K, dan flash LED.

Fokus kamera dikatakan lebih mumpuni berkat teknologi dual-focus. Penangkapan fokusnya diklaim 40 persen lebih cepat ketimbang jika memakai phase detection autofocus, sebagaimana dilaporkan GSMArena dan dihimpun KompasTekno, Kamis (20/10/2016).

Lantas apa yang membedakan R9s dan R9s Plus?

Pertama, yang paling tampak bisa dilihat dari ukuran ponsel. R9s dirasa cukup dengan layar 5,5 inci, sedangkan varian Plus dirancang dengan layar lebih besar, yakni 6 inci. Masing-masing layar beresolusi 1080p.

Dari segi jeroan, R9s masih menggunakan chipset Snapdragon 625 seperti pendahulunya. Sementara itu, varian Plus sudah diotaki chipset Snapdragon 653 yang baru meluncur beberapa hari lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Snapdragon 653 dan 626 Dirilis, Diklaim 10 Persen Lebih Kencang

Kapasitas RAM dan baterai juga berbeda. R9s dibekali RAM 4 GB dan baterai 3.010 mAh. Varian Plus lebih perkasa dengan RAM 6 GB dan baterai 4.000 mAh. Memori internal keduanya berkapasitas sama, yakni 64 GB.

Keduanya berjalan pada sistem operasi Android 6.0.1 dengan antarmuka ColorOS 3.0 buatan Oppo sendiri.

Dengan spesifikasi demikian, R9s dibanderol 2.899 Yuan atau Rp 5,3 jutaan. Masyarakat China sudah bisa membeli ponsel itu pada 28 Oktober mendatang.

Sementara itu, harga R9s Plus lebih murah yakni 3.499 Yuan atau senilai Rp 6,7 jutaan. Untuk varian ini, masyarakat China harus menunggu lebih lama hingga Desember 2016 mendatang.

Belum jelas kapan duet tersebut hadir di Indonesia. Sebelumnya, R9 dinamai F1 Plus ketika masuk Tanah Air. Entah nama apa yang akan dipakai untuk duet R9s di Indonesia nantinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.