Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik Batalnya Mobil Otonomos LeEco Melenggang di AS

Kompas.com - 20/10/2016, 19:13 WIB
Deliusno

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Untuk memulai debutnya di Amerika Serikat, LeEco sebenarnya sudah menyiapkan sebuah produk pamungkas, yakni mobil listrik otonomos (bisa berjalan sendiri) bernama LeSee Pro.

Namun, apa daya. LeEco batal merilis secara resmi perangkat tersebut. Apa pasal?

CEO LeEco Yueting Jia berkisah bahwa sebenarnya sudah ada satu prototipe LeSee Pro yang bisa dipamerkan. Akan tetapi, mobil yang disebutnya sebagai supercar itu "dipinjam" untuk keperluan syuting film Transformers seri terbaru.

"LeSee Pro mengambil bagian dalam Transformers 5 dan saya pikir itu keren," bangga Jia di depan ratusan media, termasuk wartawan Kompas.com Deliusno.

Nah, sebagai penggantinya, LeEco menyatakan bakal membawa LeSee generasi pertama. Namun sial, truk trailer yang membawa produk itu dari Los Angeles ke San Francisco mengalami kecelakaan di tengah perjalanan.

"Kecelakaan itu membuat kerusakan yang serius, kami tidak bisa memperbaikinya tepat waktu," sesal Jia.

Tidak kehilangan akal, LeEco pun langsung menghubungi Michael Bay, sang sutradara Tranformers, untuk meminjam LeSee Pro dari lokasi syuting untuk sementara.

"Setelah berdiskusi dengan Michael Bay, kami akhirnya mengirimkan LeSee Pro dari London (tempat syuting Transformers 5) ke San Francisco," ujar Jia.

Namun, apa daya, pengiriman dari London tersebut mengalami keterlambatan. Pada akhirnya, Jia memutuskan untuk menunda perilisan resmi LeSee Pro di AS.

Punya desain futuristik

Untungnya, menjelang akhir acara, LeEco berhasil membawa LeSee Pro ke tempat pameran untuk sekadar dipajang, bukan dirilis secara resmi. Para media pun diberikan kesempatan untuk mengambil foto mobil pintar itu.

Hadir sebagai mobil konsep, LeSee Pro punya bentuk futuristik. Mobil ini berwarna silver dengan lekukan yang seperti ingin memperlihatkan bawah ia berasal dari masa depan.

Deliusno/Kompas.com Bagian atas bisa digunakan sebagai "mata" saat mode otonomos

Di bagian atas, terdapat sebuah alat yang berfungsi sebagai "indera penglihatan", yang bisa digunakan saat mobil dalam mode tanpa sopir.

Deliusno/Kompas.com Setir dapat masuk saat mode otonomos

Kerennya lagi, setir akan masuk ke dashboard ketika mode tanpa sopir dinyalakan. Fungsinya agar pengguna bisa duduk lebih santai dan lega.

Sayangnya, mobil ini baru berupa konsep belaka. LeEco masih belum mau mengungkap harga dan kapan produk ini akan dipasarkan.

LeEco sendiri berjanji untuk memamerkan kembali LeSee Pro pada ajang CES awal tahun 2017 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com