Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peretas 117 Juta Akun LinkedIn Ditangkap di Kamar Hotel

Kompas.com - 22/10/2016, 16:04 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Seorang hacker yang dituduh sebagai pelaku peretasan jejaring sosial LinkedIn telah berhasil ditangkap. Penangkapan itu dilakukan di Republik Ceko, atas koordinasi antara pemerintah setempat dan Federal Bureau of Investigation (FBI).

“Pasca peretasan data anggota LinkedIn yang terjadi 2012 lalu, perusahaan terus aktif bekerja sama dengan FBI untuk melacak pelakunya,” tulis keterangan resmi yang dirilis perusahaaan tersebut.

“Kami sangat berterima kasih pada kerja keras dan dedikasi FBI untuk mencari lokasi dan menangkap orang-orang yang diyakini terlibat dalam aktivitas kriminal tersebut,” imbuhnya.

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari Ars Technica, Sabtu (22/10/2016) menyebutkan bahwa seorang pria tak bersenjata telah ditangkap saat berada di kamar sebuah hotel, di kota Praha. Pria itu tidak melakukan perlawanan apapun, namun dia sempat pingsan dan dilarikan ke rumah sakit.

Penangkapan dilakukan terkait dugaan peretasan yang dilakukan sang pria pada sejumlah target di Amerika Serikat, salah satunya LinkedIn.

Sebetulnya hacker sudah ditangkap sejak Rabu (5/10/2016), namun demi alasan tertentu, penangkapan baru diumumkan sekarang.

Sebelumnya, pada 2012 silam, LinkedIn mengalami masalah. Data, e-mail, dan password milik lebih dari 117 juta orang anggotanya dicuri oleh hacker. Selanjutnya, seluruh data tersebut dijual secara online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com