Microsoft Untung Rp 61 Triliun dari Office dan Cloud

Kompas.com - 24/10/2016, 14:02 WIB
Box Microsoft Office terbaru. Reska K Nistanto/KompasTeknoBox Microsoft Office terbaru.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft mempublikasikan laporan keuangan untuk periode kuartal pertama tahun fiskal 2017 pada minggu lalu.

Menurut laporan Microsoft, perusahaan menerima pendapatan sebesar 20,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 267 triliun) dan laba bersih sebesar 4,7 miliar dollar AS (sekitar Rp 61,2 triliun).

Mayoritas laba tersebut didapat Microsoft dari produk Office dan layanan cloud.

Menurut Microsoft, pemasukan dari layanan software produktivitas Office di segmen komersil tumbuh sebesar 5 persen, sementara pemasukan Office dari segmen konsumer naik sebesar 8 persen.

Di sisi layanan cloud, pemasukan platform Azure tumbuh 116 persen, sementara pemasukan dari bisnis server naik 11 persen.

Laporan tersebut turut mendongkrak harga saham Microsoft pada penutupan bursa, menjadi di atas 60 dollar AS per lembar saham.

Kenaikan harga per lembar saham di atas 60 dollar AS tersebut baru dialami Microsoft kembali sejak Desember 1999 lalu.

Namun demikian, beberapa bisnis Microsot selain Office dan cloud mengalami penurunan, seperti software sistem operasi Windows, bisnis ponsel, dan konsol gaming.

Grafik pemasukan Windows dari vendor pembuat PC/laptop (OEM) tetap datar di kuartal ini dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

Pemasukan dari bisnis ponsel turun tajam hingga 72 persen. Tren ini dipercaya akan terus berlanjut tahun depan.

Pemasukan dari bisnis gaming juga turun 5 persen. Microsoft menyebut penurunan itu terjadi akibat konsol Xbox yang kurang laku.

Walau hardware Xbox kurang laku, namun pengguna aktif Xbox Live tercatat naik menjadi 47 juta di kuartal ini, dari 39 juta di kuartal yang sama tahun lalu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X