Apple Rilis iOS 10.1, Hadirkan Efek "Blur" untuk iPhone 7 Plus

Kompas.com - 25/10/2016, 09:02 WIB
iPhone 7 Plus terlihat memiliki tonjolan kamera lebih besar karena memiliki kamera berlensa ganda TechCrunchiPhone 7 Plus terlihat memiliki tonjolan kamera lebih besar karena memiliki kamera berlensa ganda
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple merilis update sistem operasi mobile berikutnya dengan nama iOS 10.1, Selasa (25/10/2016). Pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia, gadget bikinan raksasa teknologi itu sudah bisa mengunduhnya secara over-the-air atau menggunakan aplikasi iTunes.

Pembaruan perdana iOS 10 ini menghadirkan perbaikan berbagai bug, serta satu fitur yang telah dinantikan para pengguna iPhone 7 Plus, yaitu kemampuan memotret dengan efek bokeh. Kemampuan ini disematkan dalam mode Portrait pada aplikasi kamera.

Istilah bokeh sendiri berarti blur atau tidak fokus. Fotografer biasanya memakai efek ini untuk menonjolkan objek tertentu dan memburamkan latar belakang di sekeliling objek.

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (25/10/2016), mode Portrait menghasilkan foto bokeh dengan memanfaatkan lensa ganda pada iPhone 7 Plus dan sejumlah modifikasi menggunakan software.

Saat memotret objek menggunakan mode Portrait, kamera akan mendeteksi 9 tingkat kedalaman gambar. Selanjutnya, aplikasi akan bekerja membuat bagian latar belakang foto menjadi blur, sementara bagian lainnya tetap tajam.

Fitur potret bokeh ini tidak bisa dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Dengan demikian, pengguna cuma bisa bereksperimen untuk mengetahui cara memotret untuk menghasilkan efek bokeh dalam posisi yang tepat.

Perlu dicatat, efek bokeh ini sebenarnya bisa dianggap masih versi beta. Meskipun sudah dirilis, Apple sendiri masih berusaha memperbaiki banyak hal dan mengembangkannya agar bisa bekerja lebih baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Efek bokeh pada iOS 10.1 hanya bisa digunakan oleh iPhone 7 Plus saja karena membutuhkan lensa ganda.

Perangkat Apple lain, seperti iPhone lawas dan iPad, akan mendapatkan sejumlah perbaikan saat memperbarui sistem operasi ke iOS 10.1. Perbaikan tersebut antara lain pada informasi transportasi di aplikasi Apple Map, bug di Messages, dan peningkatan kinerja koneksi Bluetooth dengan perangkat pihak ketiga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.