Laptop Microsoft Surface Book Diperbarui, Core i7 dan Baterai 16 Jam

Kompas.com - 27/10/2016, 06:42 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Microsoft memperbarui laptop Surface Book dengan baterai dengan daya tahan lebih lama, klaimnya sekitar 16 jam pemakaian. Selain itu, ada juga sejumlah fitur dan hardware baru yang disematkan ke dalamnya.

Surface Book kali ini bisa dikatakan memiliki kinerja paling kuat. Pasalnya, selain daya tahan baterai tingkat tinggi, Microsoft juga menyematkan sejumlah hardware yang mumpuni.

Surface Book edisi baru mengusung prosesor Core i7 dari generasi prosesor ke-enam Intel, Skylake. Sebelumnya, Intel hanya memasang proseosr Core i5.

Disebut sebagai "ultimate laptop," Corporate Vice President for Surface Computing, Panos Panay mengatakan tujuan dari upgrade Surface Book ini sederhana: "Kami menanamkan prosesor Core i7 dan menambahkannya lagi."

Tambahan yang dimaksud adalah prosesor grafis (GPU) Nvidia GeForce GTX965M dengan kinerja dua kali lipat dibanding GPU Surface Book sebelumnya, yakni mencapai 1,9 teraflops.

"Engineer dan gamer membutuhkan daya kinerja tinggi dari laptop, makanya diberi upgrade ini," kata Panay.

Selain itu, ada sistem pendingin dengan desain baru dan tambahan kipas, sehingga membuat Surface Book edisi baru kali ini terlihat sedikit "gemuk."

Dengan seluruh hardware dan fitur baru itu, Surface Book kali ini menjadi sedikit lebih berat. Bobot Surface Book edisi 2016 sekitar 1,6 kg, sedangkan Surface Book edisi pertama hanya sekitar 1,5 kg.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (27/10/2016), Surface Book mulai dijual pada 10 November 2016 mendatang, dengan tiga pilihan kapasitas memori internal.

Ketiganya adalah 256 GB seharga 2.399 dollar AS (sekitar Rp 31,2 juta); 512 GB seharga 2.799 dollar AS (sekitar Rp 36,4 juta); dan 1 TB seharga 3.299 dollar AS (sekitar Rp 42,9 juta).

Sesi pemesanan saat ini sudah dibuka Microsoft, namun dalam jumlah terbatas.

Sekadar diketahui, Microsoft merilis Surface Book pertama kali pada 2015 lalu. Laptop tipis ini memiliki layar yang bisa dilepas dan difungsikan sebagai tablet. Generasi pertama Surface Book dibekali baterai yang diklaim kuat bertahan sekitar 12 jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.