Menyusuri Kantor "Berjiwa Muda" Xiaomi di Beijing

Kompas.com - 27/10/2016, 10:34 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

BEIJING, KOMPAS.com - Hugo Barra bergegas turun dari hoverboard yang ia tunggangi untuk sampai ke ruang kerjanya. KompasTekno dan awak media dari berbagai negara sudah lebih dulu tiba di ruangan bernuansa putih itu.

"Harusnya saya datang lebih awal," kata Vice President Xiaomi tersebut sembari tersenyum.

Barra lalu menyapa para jurnalis yang telah "lancang" masuk ke wilayah privatnya tanpa izin. Bahkan, beberapa jurnalis sempat menjepret sudut-sudut ruangan yang sejatinya tak boleh difoto apalagi dipublikasikan secara umum.

Namun ia toh tak marah. Para jurnalis yang merasa tak enak hati kemudian buru-buru meninggalkan ruangan setelah bertegur sapa dengan Barra.

"Nanti kita akan ketemu di bawah," ujar orang nomor satu Xiaomi dalam hal pemasaran produk itu.

Para jurnalis pun melanjutkan kunjungan ke sisi-sisi lain markas Xiaomi yang terletak di Distrik Haidian, Zhongguancun, Beijing, China. Rabu (26/10/2016) kemarin, kami menghabiskan sekitar dua jam untuk mengelilingi bangunan yang terdiri dari lima lantai tersebut.

Fatimah Kartini Bohang/kompas.com KompasTekno berkunjung ke markas Xiaomi di Beijing, China, Rabu (27/10/2016).

Mula-mula, office-touring dimulai dari lantai 1 yang langsung mempertemukan kami dengan rumah mungil Wang Cai. Anjing tersebut adalah peliharaan seantero pegawai Xiaomi.

Wang Cai sebelumnya sering nongkrong di sekitar jalan dekat markas Xiaomi. Karena tak ada yang memiliki, manajemen Xiaomi memutuskan mengadopsi anjing tersebut dan menamainya Wang Cai. Nama itu sendiri berarti "beruntung".

Sayangnya, KompasTekno tak sempat bertemu Wang Cai karena kala itu ia sedang jalan-jalan ke luar. KompasTekno hanya bisa melihat wujud Wang Cai dari foto-foto yang ditempel di sekitar rumahnya.

Fatimah Kartini Bohang/kompas.com KompasTekno berkunjung ke markas Xiaomi di Beijing, China, Rabu (27/10/2016).
Hal lain yang menarik perhatian KompasTekno adalah luncuran raksasa yang dipasang di sisi kiri lantai 1. Agaknya luncuran itu disediakan bagi mereka yang malas turun tangga. Sebab, letaknya berdampingan dengan tangga di lantai 1, untuk naik-turun dari dan ke lantai 2.

Halaman:



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.