Hati-hati Penipuan Janji WhatsApp Gratis Pakai WiFi

Kompas.com - 27/10/2016, 20:09 WIB
Aplikasi pesan instan WhatsApp tersedia di platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone istAplikasi pesan instan WhatsApp tersedia di platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone
EditorReska K. Nistanto


KOMPAS.com -
Para pengguna Whatsapp kembali mendapatkan scam dengan janji-janji palsu dimana dikatakan mereka bisa melakukan chatting dengan Whatsapp tanpa internet, alias Gratis.

Dengan mengklik tautan yang dijanjikan yang akan meminta syarat mudah, kirimkan pesan tersebut ke 10 teman dan 5 group Whatsapp.

Bagi pengguna Whatsapp yang tertipu, alih-alih mendapatkan Whatsapp gratis tanpa internet, yang terjadi malah ia dijadikan korban untuk menyebarkan scam ke kontak dan group WhatsApp-nya.

Setelah korbannya mengerjakan apa yang diperintahkan, ibarat kuda penarik kereta yang di depan mulutnya diikatkan wortel, supaya ia tetap berlari namun tidak akan pernah mencapai wortel tersebut.

Korban akan ditipu untuk meng-install apps yang kemungkinan besar menggunakan metode Pay per Install yang akan memberikan keuntungan finansial langsung kepada pembuat scam ini.

Dalam banyak kasus, aplikasi yang di-installkan berpotensi melakukan aktitivas malware.

Scam ini cukup canggih karena memiliki opsi untuk mendeteksi pengakses situs, jika diakses melalui smartphone akan menampilkan pesan scam, namun jika diakses dari komputer biasa akan dialihkan ke google search.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemungkinan opsi ini dimunculkan untuk menghindari pesan error pada PC karena coding yang dilakukan tidak kompatibel dengan Whatsapp for PC.

Pesan di WhatsApp ini akan datang dalam bentuk sebagi berikut:

ist Scam di WhatsApp.

ist Scam WhatsApp gratis.

Jika di klik dari smartphone, maka ia akan menampilkan pesan untuk share (broadcast) ke 5 group dan 10 kontak Whatsapp.

ist Gambar 3, Permintaan untuk mengundang 10 teman dan 5 group WhatsApp.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.