Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamboard, Papan Tulis Android Seharga Rp 78 Juta

Kompas.com - 28/10/2016, 14:04 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google baru saja merilis produk hardware terbarunya yang dinamakan Jamboard. Berbeda dari smartphone Pixel yang ditujukan bagi kalangan consumer, produk baru tersebut diperuntukan bagi kalangan kantor atau enterprise.

Apa itu Jamboard? Ia merupakan papan tulis elektronik berbasiskan Android dengan ukuran jumbo. Pada dasarnya, perangkat ini merupakan tablet raksasa berukuran 55 inci yang mendukung resolusi 4K.

Layaknya papan tulis konvensional, pengguna nantinya bisa menulis dan menggambar langsung di Jamboard. Pengguna bisa menggunakan jari tangan dan stylus bawaan untuk menulis di papan tersebut.

Untuk menghapus, Google sudah menyiapkan semacam penghapus fisik. Jika malas menggunakan perangkat itu, pengguna juga bisa menyapukan tangan di tulisan atau gambar yang ingin dihapus.

Google juga menyediakan tools berupa sticky notes di layar ini. Pengguna juga bisa dengan mudah menambahkan dokumen dari Google Docs, Sheets, Slide, dan foto ke layar Jamboard.

Kolaborasi, atau disebut "Jam" oleh Google, merupakan inti dari Jamboard ini. Pengguna bisa berkolaborasi dalam satu proyek secara live dari mana saja, asalkan terhubung dengan internet.

Mereka bisa sama-sama menulis, menggambar, atau berbagi ide di satu layar yang sama.

Untuk keperluan kolaborasi ini, pengguna bisa memanfaatkan tablet dan smartphone berbasis Android atau iOS. Namun, ada perbedaan dari dua perangkat itu.

Aplikasi Jamboard di tablet mengizinkan pengguna menggunakan semua fungsi editing yang ada di Jamboard.

Sementara itu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari 9to5Google, Jumat (28/10/2016), aplikasi smartphone dibatasi fungsinya hanya untuk melihat layar proyek dan input data. Pengguna smartphone tidak bisa menggambar dan menulis.

Uniknya, proyek tersebut nantinya akan disimpan langsung di layanan cloud Google Drive, yang bisa diakses oleh para peserta kolaborasi.

Jamboard sendiri dilengkapi dengan koneksi WiFi untuk kepentingan kolaborasi, built-in camera, dan speaker.

Jamboard dijual dengan harga yang cukup tinggi, yakni 6.000 dollar AS atau sekitar Rp 78 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com